Kebakaran Melanda Rumah Tempat Usaha Laundry

Kebakaran/RIRIN NF/PR
PETUGAS pemadam kebakaran memadamkan kebakaran rumah yang jadi tempat usaha laundry di Jalan Trowulan 1 RT 4/RW 21 Kompleks Pharmindo, Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Jumat, 12 Januari 2018.*

CIMAHI, (PR).- Satu unit rumah warga milik Dana (75) di Jalan Trowulan 1 RT 4/RW 21 Kompleks Pharmindo Kelurahan Melong Kecamatan Cimahi Selatan Kota Cimahi nyaris musnah terbakar, Jumat, 12 Januari 2018. Rumah tinggal sekaligus tempat usaha laundry tersebut diduga terbakar akibat hubungan arus pendek listrik (korslet).

Warga kemudian melapor adanya titik api ke Dinas Pol PP dan Damkar Kota Cimahi. Empat unit mobil Damkar langsung datang ke lokasi melakukan pendinginan guna memastikan api tidak akan menyala kembali. Sebelumnya, api bisa dipadamkan pekerja laundry dibantu warga setempat. 

Penghuni rumah, Nita Purwanti (34) mengatakan, ia tidak tahu pasti penyebab munculnya api muncul. Saat terjadi kebakaran, ia sedang berada di lantai bawah. Padahal, lanjut Nita, sebelumnya tidak terlihat potensi atau tanda akan terjadi kebakaran di lantai atas. 

"Lagi pada di bawah jadi enggak tahu ada api. Cuma dengar orang yang lewat teriak-teriak kebakaran dan ramai bunyi klakson mobil. Terus warga pada bantu memadamkan api dengan air disemprot ke atas sampai padam. Alhamdulillah," ujarnya.

Jumlah kerugian

Dia mengaku bersyukur dengan bantuan warga sekitar api di lantai atas bisa padam sehingga tidak merembet ke lantai bawah dan bangunan rumah warga lainnya.

"Mobil pemadam kebakaran datang dan langsung membantu memadamkan sisa bara api yang masih ada," ungkapnya.

Kapolsek Cimahi Selatan Kompol Rukun Iman menjelaskan, api langsung bisa dipadamkan dengan pertolongan warga sekitar.

"Api diduga muncul akibat arus pendek di mesin pengering pakaian, kemudian merembet ke jemuran sehingga langsung membesar.Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, sedang kerugian diperkirakan mencapai 8 juta rupiah," ujarnya.

Rukun Iman mengimbau masyarakat agar tetap waspada bahaya kebakaran walaupun saat ini sedang musim penghujan. "Pastikan instalasi listrik tidak terbuka dan membahayakan," ungkapnya.***

Baca Juga

KUA Cimahi Utara Kebakaran

CIMAHI, (PR).- Kebakaran melanda Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi, yang berlokasi di Jalan Kamarung RT 05/RW 03 Kelurahan Citeureup, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi, Senin 15 Januari 2018 tengah malam.

Warga Minta Taman Vertikal di Pemukiman Bisa Dioptimalkan

CIMAHI, (PR).- Keterbatasan lahan membuat Pemkot Cimahi membangun taman lingkungan di tengah pemukiman. Masyarakat berharap penempatan taman bisa mengikuti kebutuhan di lingkungan sehingga fungsi taman lingkungan bisa dioptimalkan.