Tahun Baru 2018, Pohon Tumbang dan Longsor Warnai Lembang

Pohon Tumbang/DOK BPBD BANDUNG BARAT
POHON tumbang menimpa kendaraan di Jalan Kayuambon, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Senin 1 Januari 2018 sore.*

NGAMPRAH, (PR).- Pohon tumbang dan longsor menerjang kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat saat Tahun Baru 2018, Senin 1 Januari 2018 sore. Kejadian setelah hujan deras itu sempat menyebabkan lalu lintas di Jalan Kayuambon dan Maribaya tersendat.

Dari berbagai informasi yang dihimpun, pohon tumbang terjadi di Jalan Kayuambon Lembang sekitar pukul 16.00 WIB. Pohon menimpa mobil Daihatsu bernomor polisi D 1832 SA. Tidak ada korban jiwa akibat kejadian ini.

Sekitar pukul 17.00 WIB, longsor menutupi Jalan Cibodas, tepatnya di RW 15 Desa Cibodas. Longsor setinggi 1 meter dan lebar 3 meter itu menutupi badan jalan, sehingga membuat lalu lintas tersendat.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat, Dicky Maulana, menuturkan bahwa pohon tumbang dan longsor terjadi akibat hujan deras yang mengguyur kawasan Lembang. "Tidak ada korban jiwa, tetapi ini sempat membuat macet total. Kendaraan tidak bisa bergerak," katanya, Senin 1 Januari 2018.

Menurut Dicky, sejumlah personel BPBD dibantu masyarakat sekitar lokasi dan petugas dari beberapa objek wisata di kawasan itu turut mengevakuasi pohon tumbang dan longsoran tanah. Untuk mempercepat penanganan, evakuasi dilakukan secara manual tanpa menggunakan alat berat.

Longsor yang menutupi badan jalan di Desa Cibodas, Lembang baru bisa dibersihkan sekitar pukul 19.00 WIB. "Longsor sudah mulai bersih dan kendaraan pun sudah bisa lewat," kata Dicky.

Dia menambahkan, bencana alam seperti itu cukup berdampak pada lalu lintas di Lembang. Sebab, hari terakhir liburan ini banyak kendaraan yang melalui jalur tersebut, terutama menuju sejumlah objek wisata.

Dicky mengimbau agar masyarakat tetap waspada mengenai potensi bencana alam, terutama di kawasan perbukitan seperti Lembang. "Hujan deras yang terjadi seperti sekarang ini bisa memicu berbagai bencana alam, seperti longsor dan pohon tumbang. Berhati-hatilah," katanya.***

Baca Juga

Tarif Air Bersih di Bandung Barat Akan Naik, Ini Alasannya

NGAMPRAH, (PR).- Badan Usaha Milik Daerah Kabupaten Bandung Barat PT Perdana Multiguna Sarana berencana menaikkan tarif pelayanan air bersih. Hal itu disebabkan dengan tarif saat ini, biaya pemulihan infrastruktur tidak tertutupi.

Setelah OTT KPK, Kantor Disperindag Bandung Barat Terkunci

NGAMPRAH, (PR).- Pascakabar Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan Komisi pemberantasan Korupsi (KPK), pintu masuk Kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Bandung Barat di Gedung A Lantai 4, Selasa 10 April