Peringati Hari Ibu dan Hari Dewi Sartika, Kota Bandung Beri Penghargaan untuk Enam Perempuan Inspiratif

Atalia Kamil, Popong Otje Djundjunan, dan Ridwan Kamil/HUMAS PEMKOT BANDUNG

PEMERINTAH Kota Bandung terus mendorong agar perempuan semakin berdaya dan berkiprah dalam berbagai wadah. Hari ini, perempuan tidak lagi dihadapkan pada batas-batas sosial untuk mendapatkan hak dan akses terhadap berbagai sendi kehidupan, mulai dari ekonomi hingga politik.

Wali Kota Bandung M. Ridwan Kamil menyatakan, 38% jajaran pejabat pemerintah di Kota Bandung diduduki oleh perempuan. Hal itu telah melampau target pemerintah pusat yang menetapkan minimal 30%.

"Pemerintah Kota Bandung sangan peduli terhadap perempuan. Ada dinas khusus pemberdayaan perempuan, supaya keberpihakan dan kualitas hidup perempuan ini tidak ada bedanya," ujarnya usai menghadiri kegiatan All About Women dalam rangka Hari Ibu dan Hari Dewi Sartika di Trans Luxury Hotel Bandung, Rabu, 20 Desember 2017.

Selain itu, perlindungan terhadap kesehatan ibu dan anak juga sudah mengalami kemajuan. Angka kematian ibu dan anak turun sekitar 30%.

Perempuan juga didorong untuk sering bersilaturahmi melalui komunitas-komunitas agar semakin bisa mengaktualisasikan diri dalam berbagai hal. Bersilaturahmi, kata Ridwan, merupakan faktor terbesar dalam meningkatkan indeks kebahagiaan.

"Kita mendorong masyarakat untuk sering berserikat berkumpul maka organisasi komunitas di Bandung banyak sekali. Pernah saya survei kebahagiaan warga itu kalau silaturahim," ujarnya.

Tahun ini, pemerintah kita menggulirkan program Kredit Bagja untuk diaktivasi oleh para kader Posyandu dan PKK. Para kader yang sebagian besar adalah perempuan itu diharapkan bisa ikut serta dan memfasilitasi warga untuk dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga melalui kredit tanpa agunan itu. Kredit mikro tersebut bisa diakses dengan bantuan BPR Kota Bandung.

"Tahun ini kita menggunakan instrumen keperempuanan pada PKK untuk menyukseskan Kredit Bagja. Jadi tidak boleh lagi ada rentenir kemiskinan. Agen perubahannya itu perempuan," jelasnya.

Ia optimistis, jika program itu turut disukseskan oleh semua pihak, masyarakat bisa lebih sejahtera. "IPM (Indeks Pembangunan Manusia) kita bisa naik. Saat ini IPM ekonominya masih 70, pendidikan sudah keren 90, kesehatan 80," katanya.

All About Women 

Acara All About Women yang digelar di Trans Luxury Hotel Bandung dihadiri tak kurang dari 1000 perempuan dari berbagai komunitas dengan berpakaian adat berbagai daerah di Nusantara. Acara yang digagas oleh Forum Rembug Peduli Bandung Sehat (FRPBS) itu menghadirkan berbagai narasumber inspiratif, yaitu entrepreneur muda sukses Medina Zein dan akademisi Universitas Padjadjaran Zahrotur Rusyda Hinduan.

Kegiatan tersebut juga memberikan anugerah kepada para perempuan inspiratif. Anugerah diserahkan langsung oleh Wali Kota Bandung kepada enam kategori.

Kategori Perempuan Berjasa diberikan kepada Etty R. Agoes, kategori Perempuan Kreatif diraih oleh penggagas inovasi Ojek Makanan Balita, Vita Fatimah.

Kategori Perempuan Penggerak diberikan kepada Lik Gayanti Ari atas kiprahnya membuat perubahan positif di lingkungannya. Sedangkan kategori Perempuan Muda Bergaya diserahkan kepada Medina Zein.

Kategori Perempuan Peduli Perempuan dianugerahkan kepada Dewi Irawati. Dan kategori Perempuan Utama diberikan kepada Popong Otje Djundjunan atas kiprahnya yang tiada henti dalam menyuarakan hak-hak masyarakat di Indonesia di usianya yang telah mencapai 80 tahun.***

Baca Juga

Nuansa Bollywood Meriahkan Tahun Baru 2018 di Kota Bandung

WALI Kota Bandung Ridwan Kamil didampingi istri, Atalia Ridwan Kamil, bersama Duta Besar India Pradeep Kumar Rawat membuka sekaligus memberikan sambutan acara Pertunjukan Tari Budaya Bollywood (Bollywood Dance and Culture Performance)  di

Bandung Creative Hub Resmi Beroperasi, Apa Saja Fasilitasnya?

BANDUNG, (PR).- Setelah terbengkalai cukup lama, Bandung Creative Hub (BCH) secara resmi dibuka untuk publik, Kamis, 28 Desember 2017. Pusat simpul kreatif warga Bandung dengan nilai sekitar Rp 40 miliar ini menjadi yang terlengkap dan pal