Banyak Anggota Polri Tak Punya Rumah, SPN Polda Jabar Bangun Perumahan

Peletakan batu pertama/HENDRO SUSILO HUSODO/PR
WAKAPOLDA Jabar Supratman (tengah) menyaksikan peletakan batu oleh kepala desa setempat pada upacara pembangunan perumahan personel SPN Polda Jabar di Kampung Karyalaksana, Desa Mekarsari, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat, Senin. 11 Desember 2017.*

NGAMPRAH, (PR).- Dalam rangka peningkatan kesejahteraan anggota Polri, Sekolah Polisi Negara Kepolisian Daerah Jawa Barat membangun perumahan untuk para personelnya di lahan seluas 4,7 hektare di Desa Mekarsari dan Cilame, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat. Pasalnya, saat ini masih banyak anggota polisi yang belum memiliki rumah.

Wakil Kepala Polda Jabar Supratman mengapresiasi inisiatif dari Kepala SPN Polda Jabar Amiludin Roemtaat untuk mendirikan perumahan bagi para personel SPN. Karena anggota Polda Jabar masih banyak yang belum memiliki rumah, dia pun meminta supaya perumahan tersebut tak hanya untuk anggota SPN.

"Kami minta, selain anggota SPN, mudah-mudahan anggota Polda Jabar yang lain, yang berminat, juga bisa. Saya yakin bisa, kok. Soalnya, masih banyak sekali anggota kami (yang belum punya rumah). Kami kan tinggal di asrama, seperti anggota Brimob atau anggota SPN. Saya rasa jumlahnya itu lebih dari ratusan," kata Supratman, seusai seremoni peletakan batu pertama perumahan personel SPN Polda Jabar, Senin, 11 Desember 2017.

Lokasi yang bagus

Menurut dia, terkadang anggota Polri terlena ketika tinggal di asrama, sehingga tak menyiapkan rumah pribadi. Ketika akan mau pensiun, kata dia, anggota Polri itu lantas bingung karena tidak punya rumah. "Nah, inisiatif dari Kepala SPN, bekerja sama dengan developer, dapatnya itu di sini. Di sini tempatnya bagus," tuturnya.

Dari lahan seluas 4,7 hektare, Supratman menyebutkan, direncanakan akan dibangun 150 unit rumah. Sementara ini, sudah ada 86 anggota SPN yang memesan rumah tersebut. Dia pun menjanjikan bahwa Polda Jabar akan menyiapkan bantuan untuk pembayaran uang mukanya. "Kekurangannya baru dicicil sesuai kemampuan anggota masing-masing. Berapa tahun dia mampunya," tuturnya.

Dalam sambutannya, Roemtaan memaparkan, sebanyak 150 unit rumah yang akan dibangun itu terdiri atas 82 unit tipe 36/72, 42 unit tipe 51/84, dan 26 unit tipe 98/120. Dengan menggandeng developer dari PT Widya Utama Property, pembangunan perumahan itu diharapkan dapat meningkatkan kinerja anggota.

"Dalam rangka mengimplementasikan Program Promoter Kapolri poin lima tentang peningkatan kesejahteraan anggota Polri, bahwa kenyataan di lapangan masih banyak personel SPN Polda Jabar yang belum memiliki rumah, serta terbatasnya jumlah asrama dinas, maka kami menyediakan dan membangun perumahan ini," katanya. ***

Baca Juga

Dua Pasangan Calon di Bandung Barat Mengaku Menang

NGAMPRAH, (PR).- Dua pasangan calon di Pilbup Bandung Barat 2018 mengklaim unggul dalam perhitungan suara sementara berdasarkan perhitungan cepat yang dilakukan tim internal mereka.

Tahun Ajaran Baru, Permohonan SKTM di Lembang Meningkat

NGAMPRAH, (PR).- Sejumlah desa yang berdekatan dengan sekolah negeri di Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat menerima banyak permohonan perbuatan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari warga.