Ini Data Lengkap Sudrajat, Calon Gubernur Jabar Pilihan Gerindra

Mayjen TNI Purn Sudrajat/KASKUS

BANDUNG, (PR).- Partai Gerindra menentukan bakal calon gubernur Jawa Barat pilihan mereka sendiri. Mereka lebih memilih Mayjen (Purn) Sudrajat untuk Pilgub Jabar 2018 dibandingkan Deddy Mizwar yang dipilih oleh koalisi PKS, PAN, dan Demokrat.

Sosok Sudrajat yang dipilih Gerindra sebenarnya bukan orang baru di dunia politik Jawa Barat dan tanah air. Kariernya tergolong cemerlang di dunia militer selain di partai politik. Bahkan, sebelum bergabung dengan Gerindra, ia merupakan mantan Ketua DPW Partai Nasdem Jawa Barat.

Sudrajat pernah ditunjuk sebagai duta besar di Tiongkok dan menyelesaikan misinya pada 2009. Sekembalinya dari Tiongkok, ia banyak terlibat aktif dalam berbagai organisasi yang mempromosikan hubungan Indonesia dan Tiongkok. Saat ini, ia bahkan menjabat sebagai Ketua LIC (Lembaga Kerja Sama Ekonomi, Sosial, dan Budaya Indonesia China).

Pensiun dari Kementerian Pertahanan Republik Indonesia pada 2005, jabatan terakhirnya sebagai Dirjen Strategi Pertahanan.

Sudrajat lulus dari Akademi Militer pada 1971. Ia mengikuti berbagai pendidikan dan pelatihan baik kemiliteran maupun umum, antara lain Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat, Lemhanas, beberapa pendidikan militer di Australia dan USA, dan memperoleh gelar Master of Public Administration (MPA) dari Harvard University, AS.

Mantan Kapuspen TNI

Perjalanan kariernya meliputi berbagai posisi di dalam dan luar negeri. Di lingkungan TNI Angkatan Darat, pernah menjabat sebagai Kepala Pusat Penerangan TNI, Penasihat Khusus Panglima TNI, dan anggota Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) yang bekerja di bawah Menkopolkam.

Karier di luar negeri, ia pernah menjabat sebagai Atase Pertahanan di London dan Washington DC. Selain itu, berbagai peran dalam penugasan internasional seperti di UN Emerging Force di Mesir, ketua/wakil ketua dalam sejumlah dialog/forum internasional, baik mewakili TNI maupun Kementerian Pertahanan.

Berikut adalah catatan kariernya.

Baca Juga

Sudrajat-Ahmad Syaikhu Klaim Didukung PBB dan PPP

BANDUNG,(PR).- Bakal Calon Gubernur Jawa Barat dari koalisi PKS, Gerindra, dan PAN, Sudrajat mengklaim dirinya bersama Ahmad Syaikhu tidak hanya didukung oleh tiga partai yang memiliki kursi di DPRD Jabar saja.