Pendamping Ridwan Kamil Diputuskan Lewat Musyawarah Partai Koalisi

Ridwan Kamil/DOK. PR

BANDUNG, (PR).- Musyawarah bersama partai koalisi akan menjadi momen krusial penentu bakal calon wakil gubernur pendukung Ridwan Kamil. Keputusan Ridwan Kamil akan diputuskan dalam pertemuan yang dihadiri seluruh pimpinan partai koalisi wilayah Jawa Barat.

“Jadi memang musyawarah partai koalisi itu menjadi penentu karena tidak mungkin pasca pertemuan itu menggunakan mekanisme lain, bikin survey, itu tidak mungin. Tidak mungkin ada lembaga survei yang melakukan survei dalam satu bulan, secara perangkat surveinya pun enggak bisa. Jadi mau tidak mau kita jadikan forum partai koalisi itu sebagai forum finalisasi wakilnya Kang Emil,” ujar Ketua DPW PKB Jawa Barat Syaiful Huda, di Bandung, Kamis, 7 Desember 2017.

Ia menjelaskan, sejak awal ada satu poin yang harus dipikirkan semua parpol koalisi, bahwa penentuan wakil Ridwan Kamil di Pligub Jabar 2018 akan dibahas pada pertemuan musyawarah partai koalisi. Jika nanti semua pihak duduk bersama, ia yakin pasti ada jalan untuk menentukan wakil Ridwan Kamil sesuai kesepakatan.

Dalam pertemuan nanti, kata Huda, semua partai musyawarah menyerahkan keputusan kepada Ridwan. Sebab, Wali Kota Bandung itu yang akan menjalankan pemerintahan bersama wakilnya kelak.

“Ini pengalaman panjang ya. Jadi kenyamanan gubernur untuk memilih wakilnya itu jadi sangat penting, karena menentukan corak kepemimpinan ke depan. Kalau tidak clear dengan wakilnya, berisiko,” katanya.

Perkuat posisi

Huda berharap pertemuan bisa segera digelar pertengahan Desember ini, mengingat waktu pendaftaran pada Januari sudah dekat. PKB berkomitmen apapun hasil musyawarah nanti akan tetap mendukung Ridwan. Maka, ia mengimbau tidak ada istilah cabut dari Ridwan Kamil. Ia berharap seluruh partai pengusung legowo menerima keputusan hasil pertemuan nanti.

“Ini tuh kuncinya secepatnya teman-teman partai koalisi ketemu Kang Emil. Tadi malam saya kontak Kang Dedi Mulyadi (Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat), dia siap. Jadi waktu kemarin kita kumpul sebenarnya poinnya adalah teman-teman partai koalisi ini secepatnya ketemu Kang Emil,” ujarnya.

Yang penting, kata Huda, calon wakil gubernur pendamping Ridwan bisa memperkuat konsolidasi dan pengembangan potensi suara dari Ridwan Kamil. Perlu dicari figur yang bisa memperkuat posisinya, termasuk di pedesaan.

“Saya berharap Kang Emil konsentrasi dan konsolidasi di pedesaan. Karena di Jawa Barat ini hampir 70% itu adalah hamparan desa, bukan hamparan kota. Hampir 60% pemilih kita di desa, 40% di perkotaan. Komposisi jumlah penduduk juga sama. Ngomongin soal kesejahteraan locus-nya juga di desa. Karena itu saya berharap Kang Emil didorong untuk memperbanyak forum ketemu warga desa atau menyampaikan visi misinya,” kata Huda.***  

Baca Juga

Ridwan Kamil Bebas Pilih Wakil

BANDUNG, (PR).- Calon gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil diberi keleluasaan untuk menentukan sendiri calon wakil gubernur yang akan mendampinginya nanti di Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018.

PPP: Ridwan Kamil Jangan PHP

BANDUNG, (PR).- Partai Persatuan Pembangunan (PPP) meminta Ridwan Kamil untuk segera mendeklarasikan Uu Ruzhanul Ulum sebagai calon wakil gubernur sebelum 25 Desember 2017 mendatang.