4 Hal tentang Tol Soroja yang Perlu Diketahui

Gerbang Tol Soroja/USEP USMAN NASRULLAH/PR
PETUGAS memberikan penjelasan kepada pengendara yang akan memasuki gerbang Soreang Tol Soreang-Pasirkoja (Soroja) di Desa Parung Serab, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung, Selasa 5 Desember 2017.*

BANDUNG, (PR).- Pengelola jalan Tol Soroja (Soreang-Pasirkoja), PT Citra Marga Lintas Jabar, mengumumkan empat hal penting yang perlu diketahui masyarakat. Pernyataan resmi mereka menyusul dibukanya jalan Tol Soroja untuk umum setelah diresmikan Presiden Joko Widodo, Senin 4 Desember 2017.

PT Citra Marga Lintas Jabar mengeluarkan edaran resmi dan diterima "PR", Selasa 5 Desember 2017. Dalam edaran itu sehubungan dengan masih diperlukannya upaya penyempurnaan demi peningkatan pelayanan.

Berikut adalah empat hal tersebut:

1. Jalur perjalanan dari Soreang menuju Purbaleunyi

Tol Soroja sudah terkoneksi dengan tol Purbaleunyi melalui gerbang tol Soreang. Pengguna jalan yang ingin menuju ke Purbaleunyi dapat menggunakan Tol Soroja kecuali menuju gerbang tol Pasirkoja.

2. Jalur perjalanan dari Purbaleunyi menuju Soreang

Pengguna jalan yang ingin menggunakan Tol Soroja dari Tol Purbaleunyi, kecuali dari gerbang tol Pasirkoja, dapat keluar di gerbang tol Soreang.

3. Gerbang tol yang dioperasikan

Sementara ini gerbang tol yang sudah dioperasikan adalah gerbang tol Soreang. Sedangkan untuk gerbang tol Kutawaringin Barat, Kutawaringin Timur, Margaasih Barat, dan Margaasih Timur, baru bisa dioperasikan dalam beberapa hari ke depan.

4. Tarif

Penggunaan jalan Tol Soroja melalui gerbang tol Soreang belum dikenakan tarif. Pengenaan tarif diberlakukan dari gerbang tol Pasirkoja dan atau dari perjalanan Tol Purbaleunyi.

Belum siap

Berdasarkan pantauan di lapangan, Selasa 5 Desember 2017, pintu masuk gerbang tol Soreang sudah bisa diakses pengguna tol. Bahkan, pintu masuk tol dari Soreang ini semakin ramai menjelang siang.

Para pengendara mengaku ingin menjajal jalan Tol Soroja. Akan tetapi, pintu keluar Gerbang Tol Soreang ini belum bisa dipergunakan. Pengguna jalan tol menilai pengelola jalan Tol Soroja belum siap mengoperasikan jaln tol baru ini secara penuh. Bahkan, pengguna jalan tol menganggap peresmian jalan tol terkesan dipaksakan.

Heddy Rustandi (30), seorang warga, mengaku terpaksa berputar arah menuju pintu keluar di gerbang tol lainnya. Saat itu, Heddy hendak ke Ciwidey. Dia masuk gerbang tol melalui gerbang tol Pasirkoja.

"Saya masuk dari Pasirkoja. Tadinya saya mau ke Ciwidey menggunakan akses pintu keluar tol Soreang. Tetapi, kata petugas tol di lapangan, gerbang tol Soreang tidak bisa diakses. Saya diarahkan keluar tol dari pintu tol lain. Pintu tol yang terdekat ke pintu tol Kopo. Terpaksa saya harus putar arah ke Kopo. Buat apa ada gerbang tol Soreang kalau belum bisa digunakan? Tetap saja kejebak macet. Malu atuh, diresmikan oleh Presiden RI (Joko Widodo) tetapi kesiapan operasionalnya dari pihak pengelola tidak sempurna," ungkap Heddy yang tampak kecewa.***

Baca Juga

Akhir Minggu, Jalan Kopo Kini Lebih Lengang

SOREANG, (PR).- Setelah dibukanya Jalan Tol Soroja (Soreang-Pasirkoja) beberapa waktu yang lalu, arus lalu lintas di Jalan Raya Kopo-Soreang relatif lancar. Bahkan, pada saat akhir pekan, arus lalu lintas masih terpantau normal.

Warga Sambut Gembira Operasional Tol Soroja

SOREANG, (PR).- Peresmian Jalan Tol Soreang-Pasirkoja (Soroja) oleh Presiden RI Joko Widodo pada Senin 4 Desember 2017, disambut baik semua pihak.

Jokowi Dijadwalkan Resmikan Tol Soroja 4 Desember 2017

BANDUNG, (PR). -Kepastian peresmian Tol Soreang Pasirkoja (Tol Soroja) akhirnya temui titik terang. Kuat diinformasikan peremsmian jalan tol sepanjang 10,5 km itu akan diresmikan pada Senin 4 Desember 2017.