Resmi, PKS Minta PAN Dukung Syaikhu di Pilgub Jabar 2018

PKS Minta Dukungan PAN/DOK DPW PAN JABAR
PJS Ketua DPW PKS Jabar Nur Supriyanto (kiri) memberikan surat resmi permintaan dukungan kepada Ketua DPW PAN Jabar Ahmad Najib Qodratullah di Kantor DPW PAN Jabar Jalan Ibrahim Adjie Kota Bandung, Senin 4 Desember 2017 malam.*

BANDUNG, (PR).- Partai Amanat Nasional telah menetapkan pilihan mereka untuk mendukung Deddy Mizwar sebagai bakal calon gubernur Jawa Barat periode 2018-2023. Meski demikian, PAN terlihat masih gamang dalam menentukan pasangan Deddy Mizwar dalam ajang kontestasi itu.

Senin 4 Desember 2017 malam, Pejabat Sementara Ketua Umum DPW Partai Keadilan Sejahtera Jawa Barat Nur Supriyanto secara resmi meminta kepada PAN untuk mendukung Ahmad Syaikhu sebagai pendamping Deddy Mizwar dalam Pilgub Jabar 2018. Permintaan itu dilakukan langsung oleh Nur Supriyanto kepada Ketua DPW PAN Jabar Ahmad Najib Qodratullah di Kantor DPW PAN Jawa Barat di Jalan Ibrahim Adjie, Kota Bandung.

"Malam ini PKS mengajukan secara resmi pada DPW PAN untuk mendukung kader mereka sebagai pendamping Deddy Mizwar dalam Pilgub Jabar," kata Ahmad Najib Qodratullah.

Langkah selanjutnya, kata Ahmad Najib, DPW PAN Jabar akan berkoordinasi dengan DPP PAN terkait permohonan itu. Setelah prosedur resmi itu, ia berharap, DPP PAN akan menentukan keputusan mereka.

Menurut Najib, keputusan dukungan PAN terkait Pilgub Jabar 2018 adalah wewenang DPP PAN. Sementara DPW sifatnya memberi masukan dan konsultasi terkait dukungan itu.

Pada pertemuan yang dilakukan sebelumnya, tepatnya 24 November 2018, tiga partai membuat kesepakatan yaitu PKS, PAN, dan Demokrat. PKS dan Demokrat setuju mengusung pasangan Deddy Mizwar dan Ahmad Syaikhu. Sedangkan PAN hanya mendukung Deddy Mizwar. Sementara untuk bakal wakil gubernur Jabar Ahmad Syaikhu, PAN belum memberikan dukungan penuh terkait beberapa hal yang belum disepakati.

Syarat dukungan PAN

Terkait alotnya dukungan yang dilakukan PAN untuk Ahmad Syaikhu, Najib menekankan pada beberapa poin. Intinya, dukungan itu tak sebatas tingkat elektabilitas bakal calon wakil gubernur yang akan mereka dukung nanti.

"Ada beberapa faktor yang harus kami pertimbangkan. Salah satunya adalah harus ada kesamaan visi dalam berkoalisi, memiliki peluang yang besar untuk menang, lalu ketika terpilih nanti akan konsisten berdiri di depan rakyat," demikian ditegaskan Ahmad Najib Qodratullah.

Satu hal yang tak kalah penting, kata dia, yaitu calon yang akan PAN dukung juga harus mendapatkan dukungan dari tokoh-tokoh Jawa Barat.

"Sekarang PAN tinggal menjalankan mekanisme secara resmi karena sudah ada permintaan secara resmi pula," kata anggota Komisi XI DPR RI tersebut.***

Baca Juga

PKS Tak Keberatan Sudrajat-Syaikhu Tanpa PAN

JAKARTA, (PR).- Belum pastinya dukungan PAN di Pilgub Jabar 2018 nyatanya tak menyurutkan langkah PKS bersama Gerindra mengusung pasangan Sudrajat-Ahmad Syaikhu. PKS mengaku tak keberatan jika PAN hengkang dari koalisi mereka.

2DM Akan Deklarasi 9 Januari 2018

BANDUNG, (PR).- Pasangan 2DM atau Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi akan melakukan deklarasi pada Selasa 9 Januari 2018 di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) Kota Bandung.