Peresmian Jalan Tol Soroja Tunggu Jadwal Presiden

Uji coba/USEP USMAN NASRULLOH/PR
TIM gabungan dari Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT), Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, dan Korlantas Polri memeriksa kelaikan jalan Tol Soreang-Pasirkoja di gerbang Soreang, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung, Kamis 16 November 2017. Pengecekan kelaikan jalan tol meliputi infrastruktur jalan, batas toleransi jalan bergelombang, kelengkapan rambu dan penerangan, kelengkapan operasional dan administrasi. Hasil pengecekan ditetapkan kelaikannya melalui pleno pada Jumat 17 November 2017 ini.*

BANDUNG, (PR).- Peresmian Jalan Tol Soreang Pasirkota (Soroja) ditargetkan akan dihelat pada pekan depan. Namun, waktu tepatnya masih menunggu konfirmasi dari pusat. 

Demikian diungkapkan Diretur Utama Citra Marga Lintas Jabar, Bagus Medi Suarso kepada "PR", Jumat 24 November 2017. "Belum ada kabar. Walau selentingan alias kabar burung, (kemungkinan) minggu depan (diresmikan). Tepatny‎a masih tunggu konfirmasi," ujar dia.

Pekan lalu, tim Laik Fungsi Jalan Tol dari pemeritah pusat sudah turun memeriksa kelaikan jalan Tol‎ Soroja selama dua hari. 

Sekretaris Daerah Jabar Iwa Karniwa mengatakan, hasil kajian tim Tol Soroja menyatakan bahwa jalan tol itu sudah laik digunakan. Tim yang terdiri dari Polda Jabar, Bina Marga, Dishub, Kemenhub, BPJT (Badan Pengatur Jalan Tol), dan Pemkab Bandung itu memunculkan hasil kajian yang positif.

"Hasil kajian cukup bagus. Tak ada catatan dan sudah laik digunakan," ujar Iwa kepada wartawan, Jumat 24 November 2017.

Tunggu presiden

Menurut Iwa, karena sudah dinyatakan laik digunakan maka sekarang Pemprov Jabar kini tinggal menunggu jadwal Presiden Joko Widodo (Jokowi). Mereka mengharapkan peresmian jalan tol ini dilakukan langsung oleh presiden.

"Kelihatannya peresmiannya akhir November ini. Mudah-mudahan semuanya lancar," katanya.

Terkait progres pembangunan, menurut Iwa, berdasarkan laporan yang diterimanya progres pembangunan jalan tol sepanjang 10,5 kilometer hampir mencapai 100 persen. Sisa pembangunan yang belum diselesaikan hanya menyangkut finishing marka jalan, PJU, pintu, dan beberapa penyelesaian lainnya termasuk drainase.

"Tapi secara umum struktur sudah selesai 100 persen jadi siap diresmikan. Karena, yang belum hanya hal-hal yang sifatnya tambahan. Kalau secara keseluruhan sudah lancar," kata Iwa.***

Baca Juga

Jokowi Dijadwalkan Resmikan Tol Soroja 4 Desember 2017

BANDUNG, (PR). -Kepastian peresmian Tol Soreang Pasirkoja (Tol Soroja) akhirnya temui titik terang. Kuat diinformasikan peremsmian jalan tol sepanjang 10,5 km itu akan diresmikan pada Senin 4 Desember 2017.

Laporkan Informasi Seputar Pemilu di Pojok Pengawasan

BANDUNG, (PR).- Badan Pengawas Pemilu Jawa Barat (Bawaslu Jabar)‎ meresmikan Pojok Pengawasan, Pusat Pengawasan Partisipatif Bawaslu‎ di komplek Bawaslu Jabar, Jalan Turangga, Kota Bandung, Jumat, 24 November 2017.