Penjelasan tentang WUB dan TJSL, Dua Situs Baru Milik Pemkot Bandung

M Taufik Hidayat/HUMAS PEMKOT BANDUNG

PEMERINTAH Kota Bandung kembali melahirkan inovasi dalam pembangunan yang dilakukan. Kali ini, yang dirilis ke masyarakat adalah dua situs baru. Kedua situs ini memiliki manfaat yang langsung bisa dirasakan masyarakat Kota Bandung.

Kepala Subbagian Bina Potensi dan Daya Saing Bagian Ekonomi Setda Kota Bandung, M Taufik Hidayat mengemukakan, dua website pemerintah yang tersebut adalah tjsl.bandung.go.id dan wub.bandung.go.id

Website TJSL atau Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan merupakan portal yang mempertemukan perusahan dan masyarakat yang membutuhkan dana CSR. Di website itu, perusahaan memberikan informasi keberadaan CSR perusahaannya. Warga pun bisa mengajukan proposal melalui situs yang sama.

"Karena tidak semua pembangunan bisa diakomodasi dengan dana APBD. Jadi kami sediakan fasilitas itu untuk pengadaan dana lain di luar APBD," tutur Taufik. Dia menjelaskan hal itu dalam acara Bandung Menjawab di Media Lounge Balai Kota Bandung, Kamis 26 Oktober 2017.

Ia menambahkan, situs tersebut sebetulnya sudah berjalan sejak dua tahun yang lalu. Hanya saja, pasca perubahan SOTK Kota Bandung, pemerintah kota harus merestrukturisasi SDM. Dengan demikian ada beberapa penyesuaian yang perlu dilakukan.

Website kedua, wub.bandung.go.id adalah portal untuk menjaring para pengusaha baru di Kota Bandung. WUB adalah singkatan dari Wira Usaha Baru. Di dalamnya terdapat informasi berbagai pelatihan kewirausahaan yang diselenggarakan oleh lima SKPD di Kota Bandung.

Kelima SKPD tersebut adalah Dinas Pendidikan, Dinas Pemuda dan Olahraga, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah, Dinas Pangan dan Pertanian, serta Dinas Tenaga Kerja.

"Selain bisa dapat informasi pelatihan, warga juga bisa langsung daftar di website itu. Tinggal pilih ingin ikut pelatihan apa, waktunya kapan, bisa langsung daftar," ujar Taufik.

Peluncuran WUB

Website WUB baru akan diluncurkan oleh pemerintah kota dalam waktu dekat. Taufik mengatakan, belum ada tanggal pasti kapan peluncuran akan dilakukan.

"Peluncurannya akan berbarengan dengan pengukuhan Forum Pengembangan Kewirausahaan Kota Bandung, kita tinggal tunggu jadwal dari wali kota," terangnya.

Forum Pengembangan Kewirausahaan Kota Bandung ini adalah wadah yang melibatkan lima stakeholder percepatan pengembangan kewirausahaan. Lima stakeholder itu antara lain pemerintah, akademisi, komunitas, media, dan sektor swasta.***

Baca Juga

Kota Bandung Memprioritaskan Kesehatan Keleuarga

SEJALAN dengan program kesehatan yang dicanangkan pemerintah pusat, Kota Bandung tahun ini fokus pada penguatan kesehatan keluarga. Berbagai program telah dicanangkan untuk mendukung gagasan tersebut.