Kenyamanan Jalan untuk Masyarakat Kota Bandung

DOK. PEMKOT BANDUNG
Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung, Didi Ruswandi, pada kegiatan Bandung Menjawab di Ruang Media Balai Kota Bandung, Selasa 24 Oktober 2017.

BANDUNG, (PR).- Untuk kenyamanan dan keselamatan berkendara di Kota Bandung, Pemkot Bandung berkolaborasi bersama Bloombergs Global Road Safety, World Resources Institute (WRI) Indonesia untuk mengatasi masalah keamanan jalan. Yakni dengan menggabungkan perencanaan kota yang ramah pejalan kaki, perbaikan infrastruktur demi keamanan. 

Hal tersebut dikemukakan oleh Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung, Didi Ruswandi, pada kegiatan Bandung Menjawab di Ruang Media Balai Kota Bandung, Selasa 24 Oktober 2017.

Lanjut dia, terdapat beberapa ruas jalan di kota Bandung yang bisa terjadi kemacetan bahkan mengakibatkan kecelakaan. Dalam uji coba ini WNI akan melakukannya di ruas jalan Ahmad Yani dan Jalan Cikudapateuh. 

"Seperti yang diketahui bahwa beberapa persimpangan jalan Ahmad Yani banyak terjadi konflik kendaraan. Sama halnya seperti jalan Cikudapateuh, ketika pintu perlintasan kereta api di tutup banyak pengguna kendaraan yang ingin cepat melewatinya dengan menggunakan lawan jalan," jelasnya.

Ditambahkan Didi, jika uji coba tersebut berhasil maka kedepannya akan dilakukan secara permanen, namun melihat dulu hasil evaluasi. 

"Jika uji coba berhasil, jadi kita bisa menilai penggunaan kendaraan bisa mematuhi peraturan lalulintas. Dengan ketertiban maka perjalanan akan nyaman."tuturnya. 

Dua tahap

Sementara itu menurut Urban Transport Planer (World Resources Institute) Indonesia, Retno Wihanesta menyampaikan, uji coba jalan akan dilaksanakan selama satu Minggu, untuk tahap satu dilakukan dalam 3 hari dan tahap dua dilakukan 4 hari. 

"Kami melakukan dua tahap agar bisa menilai, model yang manakah yang bisa mengurangi kemacetan," ujarnya. 

Ditambahkan Retno, untuk sosialisasi sudah berlangsung dengan ditempelkan spanduk dan menyebarkan informasi di media sosial. 

Menurut dia, uji coba tersebut dilakukan agar menghindari konflik kendaraan yang berpotensi kecelakaan dan kemacetan.  "Sudah terlihat banyak pelanggaran pelanggaran sepanjang jalan Cikudapateuh khususnya di pintu perlintasan kereta api. Banyak yang menerobos mengakibatkan kecelakaan."tutur Retno. 

Desain ulang

Lanjutnya, selain pintu perlintasan kereta api, di pertigaan jalan Gandapura pun memiliki space jalan yang tidak terpakai yang suka digunakan untuk parkir liar. 

"Maka dari itu kami terus berikan uji coba, jalan yang berpotensi menyebabkan kecelakaan maupun tempat yang menjadi pelanggaran, akan di desain ulang lebih baik dan bermanfaat," ujarnya. 

Baca Juga

Kota Bandung Gelar Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional

BANDUNG, (PR).- Kesetiakawanan sosial merupakan nilai, sikap, dan perilaku yang harus dilandasi dengan pengertian, kesadaran, dan tanggung jawab untuk mengatasi dan menanggulangi berbagai masalah sosial yang sesuai dengan kemampuan.

Warga Cibiru Salat Berjemaah di Lapangan Terbuka

SUBUH keliling menjadi program Pemerintah Kota Bandung yang kini rutin dijalankan Pimpinan Kota Bandung disetiap minggu, salah Satunya Sekretaris Daerah Kota Bandung Yossi Irianto yang sudah rutin menggelar Shalat Shubuh Keliling ke setiap daerah di Kota Bandung di Hari Minggu.

Kota Bandung Relatif Aman dari Difteri

BANDUNG, (PR).- Dinas Kesehatan Kota Bandung memastikan Kota Bandung relatif aman dari wabah difteri. Meskipun begitu, masyarakat tetap dihimbau untuk mewaspadai potensi adanya penyakit yang mudah menular tersebut.