Masih Langka, Harga Cabai Belum Menentu

Cabai Rawit/USEP USMAN NASRULLOH/PR

BANDUNG, (PR).- Harga cabai merah dan cabai rawit di Pasar Induk Gedebage, Kota Bandung, turun. Dari sebelumnya Rp 40 ribu per kilogram, menjadi Rp30 ribu per kilogram setelah sebulan terakhir berada diangka yang stabil yakni Rp40 ribu per kilogram.

"Turun sekarang mah, tadinya Rp40 ribu sekarang jadi Rp30 ribu, normal lagi," kata salah seorang pedagang cabai di Pasar Induk Gedebage Kota Bandung, Mimin, Jumat, 13 Oktober 2017, seperti dilansir Kantor Berita Antara.

Hanya saja, tambah dia, harga cabai keriting mengalami kenaikan dibandingkan harga cabai lainnya, seperti cabai merah tanjung. Ia menuturkan cabai keriting mengalami kenaikan Rp 15 ribu dari harga sebelumnya.

"Kalau cabai keriting yang naik, tadinya Rp 20 ribu sekarang Rp 35 ribu," ujar Mimin.

Mimin dan pedagang cabai lainnya mengeluhkan masih langkanya cabai di tangan petani pasca kemarau panjang bulan kemarin.

Sehingga dampaknya, tambah dia, saat ini harga cabai tidak berada di jalur yang stabil bahkan dari jarak dua hari saja, dan saat ini harga dari petani sendiri dipatok Rp21 ribu per kilogram.

"Sekarang itu enggak menentu kadang dua hari turun, kadang naik, tergantung persediaan barang di petani, sekarang dari petaninya 21 ribu," imbuh dia.

Mimin menuturkan bahwa harga cabai sempat stabil sejak sebulan lalu, yang cenderung murah, sampai di harga Rp7000.

"(Harga) stabil kemarin pas sebulan kemarin, cabai mah stabil semua, murah. Harga sampe ke tujuh ribu," kata dia.

Baca Juga

Polisi Tangkap Komplotan Pencuri Spesialis Angkot

BANDUNG, (PR).- Polisi menangkap komplotan pencuri spesialis dalam angkutan kota (Angkot) dengan modus berpura-pura sakit untuk mengelabui korban yang sudah beroperasi sejak tahun 2010 di sejumlah daerah di Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Kebakaran Gudang Mebel Tewaskan Satu Orang

BANDUNG, (PR).- Kebakaran yang melanda gudang mebel di Jalan Industri Barat, Kelurahan Husein Sastranegara, Kota Bandung pada Sabtu, 25 November 2017 dini hari menewaskan satu orang, yakni Felix Suwandi (27).

Banjir Bandung Selatan Meluas

SOREANG, (PR).- Diguyur hujan sejak Selasa siang hingga Rabu dini hari, 14-15 November 2017, wilayah Kabupaten Bandung kembali dikepung banjir.