Ayah Sule Meninggal Dunia, Ini Kesan Rizky Febian terhadap Kakeknya

Rizky Febian/MUNADY

CIMAHI, (PR).- Komedian Entis Sutisna alias Sule mengenang sosok ayahanda, Dodo Mulyana (69), yang meninggal dunia Rabu 11 Oktober 2017. Sule menilai Abah Odo-sapaan akrab almarhum, menjadi orang yang menurunkan bakat melawak hingga dia bisa sukses sekarang.

Sule yang tiba bersama anak pertamanya yang merupakan artis penyanyi Rizky Febian langsung bersimpuh di samping jasad abah Odo di kediamannya di Kota Cimahi.

Gurat sedih terlihat diwajah Sule. Dia sempat membuka kain kafan untuk melihat wajah ayahnya dan menciumnya dengan perlahan.

Air mata penyanyi Rizky Febian yang kerap disapa Iki juga tidak terbendung saat melihat wajah almarhum kakeknya untuk yang terakhir kali. Terdengar suara isak tangisnya saat memandang wajah orang yang sangat disayanginya itu.

Dimata Sule, Abah Odo merupakan  sosok humoris dan teladan. Sule pun teringat kerja keras orangtuanya dalam mencari nafkah untuk keluarga seperti berjualan baso keliling.

"Tidak bisa membalas lah saya kalau buat Abah atas jasa-jasanya. Saya bisa melawak karena Abah," ujarnya.

Sifat humoris Abah Odo bahkan kerap membuat orang tertawa meski dirinya sedang sakit. "Di rumah sakit aja dokter dan perawat dibecandain terus. Membuat orang betah sama Abah, dengan kondisi sakit masih bisa bercanda," ungkapnya.

Berjiwa sosial tinggi

Sule melihat sosok Abah Odo luar biasa dalam mendidik anak. "Orangnya sabar, tidak pernah ini itu yang aneh. Jiwa sosial tinggi, misal Abah minta uang buat dibagikan ke saudara dan tetangga. Selama sakit juga enggak pernah mengeluh, bagi saya dia pahlawan. Pokoknya hebat lah," ucapnya.

Sule sempat menyesal tak mengiringi kepergian Abah untuk terakhir kali. "Tiga hari terakhir sempat pulang dan saya yang mandikan. Terus pergi dulu karena ada kerjaan. Kemarin mau pulang lagi tapi saya cape berat, makanya istirahat dulu. Ternyata ada kabar meninggal," ungkapnya.

Hanya saja, ada beberapa pesan dan permintaan terakhir yang belum terpenuhi. "Abah ingin bertemu istri dan anak saya," kayanya.

Abah juga bilang minta dibelikan mobil warna putih, tapi belum terpenuhi. "Minta ganti mobil warna putih biar rada bersih, saya minta waktu buat memenuhinya. Juga sempat bilang ingin bikin saung di tanah wakaf biar jadi tempat berteduh kalau lagi marahan sama Emak. Ternyata mungkin untuk makam ya, karena di tanah wakaf itu memang ada makam keluarga," imbuhnya.

Sule mengaku tegar atas kepergian ayahandanya. Dia teringat akan pesan almarhum agar jangan bersedih jika dia meninggal.

"Menangis itu bukan penyelesaian. Biarkan Abah tenang, dia sempat bilang kalau orang tua sakit jangan menangis. Abah meninggal pun jangan sampai kamu menangis, nanti kalau kamu menangis saya ikut menangis," imbuhnya.

Sebelumnya Sule pernah mengunggah video di media sosial menggambarkan kedekatan dirinya dengan Abah Odo. Video tersebut menjadi viral  karena Sule memanjakan orangtuanya seperti dirinya dimanjakan sewaktu kecil.

"Ketika Abah sakit maka tugas saya membantunya. Mudah-mudahan beliau diterima amal ibadahnya dan diampuni segala dosanya. Atas nama keluarga saya haturkan maaf jika ada kesalahan beliau," tandasnya. 

Hal serupa diungkapkan Rizky Febian sebagai cucu.

"Dari kecil diurus sama Emak-Abah.  Mamah sama Ayah kerja nyinden,Iki diurus sama Emak-Abah. Sedihnya Iki sudah besar banyak kesibukan karena pekerjaan jadi jauh tidak sering pulang. Allah SWT punya rencana lebih baik, sakitnya Abah sudah diangkat dan beliau meninggal dengan damai," tuturnya.***

Baca Juga

Atap Rutilahu Ambruk Diterpa Hujan

CIMAHI, (PR).- Diterpa curah hujan tinggi, atap rumah tidak layak huni (rutilahu) milik Dani Sopian (42) dan Neng Sunengsih (36) ambruk di RT 7 RW 15 Kp. Bobojong Kel. Cipageran Kec. Cimahi Utara Kota Cimahi.

Buruh Cimahi Tak Puas dengan Rekomendasi UMK 2018

CIMAHI, (PR).- Ratusan buruh Kota Cimahi kembali turun ke jalan, Senin, 20 November 2017. Mereka tak puas akan besaran rekomendasi Upah Minimum Kota (UMK) Cimahi 2018 yang mengacu PP No. 78/2015 tentang Pengupahan.