Hari Ini Digelar Razia Angkutan Online di Kota Bandung

Operasi gabungan penertiban taksi online.

BANDUNG,(PR).- Gabungan Dinas Perhubungan Jawa Barat, Polda Jawa Barat, Polrestabes Bandung dan Dinas Perhubungan Kota Bandung melakukan penertiban angkutan berbasis aplikasi di sejumlah titik di Kota Bandung, Selasa 10 Oktober 2017. Hal itu merupakan ‎upaya pemerintah dalam penertiban angkutan online secara bertahap sebelum aturan resmi dari pemerintah pusat atau revisi Permenhub 26/2017.

Namun, pada operasi yang akan dilakukan menerapkan penanganan penertiban angkutan atau kendaraan pribadi secara umum. Mulai dari kelengkapan pengendara dan kelengkapan kelaikan jalan kendaraan itu sendiri. Jika dalam operasi tersebut ditemukan indikasi angkutan berbasis aplikasi pihak-pihak tersebut akan melakukan penindakan.

Untuk operasi pertama, penertiban pertama tim gabungan akan menyisir kendaraan di Cibiru, sebagai titik keluar masuk kendaraan dari dan menuju Kota Bandung.

Kepala Balai Pengelolaan LLAJ wilayah 3, Dinas Perhubungan Jabar Abduh Hamzah menuturkan, giat tersebut merupakan pengawasan kendaraan pribadi, umum dan roda dua yang mereka rutin lakukan. Namun pihaknya juga ingin melihat seberapa jauh tingkat pelanggaran yang dilakukan oleh pengedara itu sendiri, kendaraan umum  dan kendaraan pribadi, dan kendaraan pribadi yang dijadikan angkutan itu akan ada pengawasan-pengawasan khusus.

"Titik pertama di Cibiru, SOP yang ada kita ngacu pada standran operasional prosedur yang ada di kepolisian. Ada beberapa titik lain juga," ujar dia.

Ditegaskan dia, pihaknya akan melakukan operasi secara santun karena pengendara pribadi, pengemudi angkutan umum pun sama-sama masyarakat. Terlebih dalam beberapa pekan kedepan untuk angkutan berbasis aplikasi akan ada aturanya.  "Kita utamakan kepatutan saja dalam operasi ini," ujar dia.

Sementara itu, dalam apel sebelum operasi pihak dishub maupun kepolisian sasarannya pada kendaraan yang berpotensi menyebabkan kecelakaan. Namun yang sangat diutamakan kendaraan umum agar dilakukan pengecekan surat-suratnya.***

Baca Juga

taksi online, uber, aplikasi, ponsel

Protes Angkutan Online, Pemprov Jabar Surati Jokowi

BANDUNG,(PR).- Pemerintah Provinsi Jawa Barat awal pekan ini akan mengirim surat ke pemerintah pusat terkait aspirasi, permohonan dan perkembangan mengenai angkutan sewa khusus atau taksi online di masyarakat.