Pemuda Muslim Dituntut Lebih Peka

Ridwan Kamil/HUMAS PEMKOT BANDUNG
WALI Kota Bandung Ridwan Kamil berbicara dalam International Conference on Islamic Youth Education di Ballroom Hotel Preanger, Jumat 6 Oktober 2017.*

BANDUNG, (PR).- Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mendorong para pemuda yang tergabung dalam Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) untuk lebih sering mendialogkan persoalan-persoalan yang tengah menimpa umat Muslim di dunia. Hal itu disampaikannya dalam International Conference on Islamic Youth Education di Ballroom Hotel Preanger, Jumat 6 Oktober 2017.

Menurut dia, semakin sering orang berdialog, maka pemikiran dan gagasan akan semakin terbuka. Dengan begitu, jalan menuju perdamaian akan semakin terbentang.

Ia juga mengajak agar pemuda Muslim di dunia terus meningkatkan kapasitas diri di tengah dunia yang semakin kompetitif ini. Para pemuda ini harus bisa menunjukkan bahwa dunia Islam harus bangkit melalui sains dan teknologi.

"Pintar saja tidak cukup. Harus ada nilai tambah agar diri ini bisa bermanfaat untuk banyak orang," katanya.

Ridwan mengaku, ia ingin mengubah paradigma dunia tentang Islam. Selama ini, dunia barat selalu memandang Islam identik timur tengah.

"Padahal, jumlah Muslim di Indonesia terbanyak di dunia. Tapi kita tidak selalu diajak dalam percaturan dialog tentang Islam," imbuhnya.

Ia ingin menunjukkan Islam yang damai, yang bisa hidup harmonis mempersatukan manusia dalam satu nusantara. Penduduk Indonesia mayoritas Muslim dan bisa hidup dengan penuh kedamaian.

"Maka saya punya program melatih para ulama berbahasa Inggris agar bisa menyuarakan nilai-nilai kedamaian Islam di tingkat dunia," ujarnya.

Prinsip Islami

Ia juga mengucapkan terima kasih karena telah memilih Bandung sebagai tuan rumah penyelenggaraan konferensi ini. Sebanyak 136 peserta dari 56 negara hadir pada konferensi tahunan itu.

"Saya senang mereka memilih Kota Bandung. Mudah-mudahan hasil rekomendasinya bisa menjadi cermin perubahan-perubahan yang harus diadaptasi, khususnya oleh universitas Islam yang ada di Bandung," harapnya.

Pada saat membuka konferensi itu, ia berkesempatan untuk menyampaikan bagaimana cara Ridwan menata kota dengan prinsip-prinsip Islami.

"Saya titipkan pesan tentang Bandung yang sangat mendekatkan program pembangunannya pada ajaran Alquran dan Hadis," tandasnya.***

Baca Juga

Ridwan Kamil Akui Dihubungi Nurdin Halid

BANDUNG, (PR).- Kandidat calon Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengaku telah dihubungi ketua harian DPP Partai Golkar, Nurdin Halid, terkait dukungan pengusungan di pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2018.

Pemkot Bandung Dapat Anugerah Keterbukaan Informasi Publik

BANDUNG, (PR).- Pemerintah Kota Bandung kembali menorehkan Prestasinya dengan diterimanya Penghargaan dari iNews Indonesia Award oleh Wakil Walikota Bandung Oded M Danial di Jakarta Concert Hall MNC Tower Jl Wahid Hasyim Kav 28 Jakarta Selatan , Selasa 31 Oktober 2017.

E-warong Butuh Penambahan Titik

BANDUNG, (PR).- Kota Bandung merupakan satu dari 44 daerah di Indonesia yang menjadi percontohan program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Setiap Hari Pemkot Bandung Terima Sekitar 60 Surat

SETIAP harinya Pemerintah Kota Bandung maupun kepala daerahnya menerima 30-60 surat. Surat-surat tersebut untuk keperluan yang beragam. Mulai dari permohonan kunjungan, undangan, hingga ajakan kerja sama.