Pengelola Stone Garden Raih Peringkat 2 Nasional

stone garden wisata bandung barat.jpg
Stone Garden/CECEP WIJAYA/PR
PENGUNJUNG mengabadikan gambar di objek wisata Stone Garden, Desa Gunungmasigit, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Kamis 3 Agustus 2017.

NGAMPRAH, (PR).- Kelompok Sadar Wisata Pasirpawon yang mengelola objek wisata Stone Garden di Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat meraih peringkat 2 nasional pada penganugerahan Pesona Destinasi Pariwisata Indonesia 2017. Penghargaan ini diberikan kepada kelompok masyarakat yang aktif dalam mengembangkan pariwisata di daerahnya.

Selain KBB, daerah lainnya di Jawa Barat yang menerima penghargaan tersebut, yaitu Kota Bogor (Taman Safari Indonesia), Kabupaten Bogor (Desa Wisata Malasari Halimun Salak) dan Kabupaten Kuningan (Desa Cibuntu). Penghargaan diberikan langsung Kementerian Pariwisata di Jakarta, Rabu, 27 September 2017 malam.

Bupati Bandung Barat Abubakar berterima kasih atas partisipasi Pokdarwis Pasirpawon yang membantu mengembangkan potensi wisata Stone Garden. Menurut dia, keterlibatan masyarakat sangat dibutuhkan untuk memelihara keberadaan objek wisata.

"Untuk mengembangkan pariwisata, pemerintah tidak bisa sendiri, tetapi juga membutuhkan partisipasi masyarakat, terutama yang tinggal di sekitar objek wisata," katanya di Padalarang, Kamis, 28 September 2017.

Untuk meningkatkan potensi wisata ini,  menurut Abubakar, Pemkab juga mendorong perpaduan unsur seni dan budaya guna menarik lebih banyak pengunjung. Hal itu pun sudah dikomunikasikan dengan para budayawan dan seniman di KBB.

"Saya yakin seni dan budaya bisa lebih menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Bandung Barat," katanya.

Seperti diketahui, saat ini Pemkab Bandung Barat mengelola empat objek wisata, yakni Guha Pawon di Cipatat, Situ Ciburuy di Padalarang, dan Curug Malela di Rongga. Satu objek wisata lainnya, yakni Maribaya Hot Spring and Resort dikelola Pemkab bekerja sama dengan pihak ketiga.***

Baca Juga

Karang Taruna Bandung Barat Didorong untuk Mandiri

NGAMPRAH, (PR).- Sejumlah karang taruna desa di Kabupaten Bandung Barat mulai menggeliat. Hal itu dibuktikan dengan berbagai aktivitas karang taruna yang mampu mengembangkan potensi desa.

UMK Kabupaten Bandung Barat 2018 Diusulkan Rp 2,7 Juta

NGAMPRAH, (PR).- Upah Minimum Kabupaten Bandung Barat Tahun 2018 diusulkan Rp 2.786.945, atau naik 12,91 persen dari UMK 2017. Hal itu diputuskan dalam rapat pleno Dewan Pengupahan, akhir pekan ini.