26 Agustus, Karnaval Kemerdekaan Sepanjang Gasibu hingga Alun-alun

ILUSTRASI/ADE BAYU INDRA/PRLM
BUS Bandung Tour on Bus (Bandros) berjalan perlahan diikuti iringan kendaraan lain, saat mengikuti Karnaval Asia Afrika 2015, di Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Sabtu (25/4/2015). Meskipun sempat diguyur hujan, namun rangkaian acara peringatan 60 Tahun Konferensi Asia Afrika itu menyedot perhatian ribuan warga yang memenuhi kawasan tersebut.*

BANDUNG,(PR).- Kota Bandung, Jawa Barat ditunjuk pemerintah pusat untuk menyelenggarakan Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan dalam rangka puncak perayaan HUT RI ke-72 pada Sabtu, 26 Agustus 2017. Karnaval yang merupakan wadah aksi seniman-seniman lokal dan nasional itu akan dilaksanakan mulai dari Gasibu dan berakhir di Alun-alun Kota Bandung, mulai pukul 08.00 hingga pukul 12.00.

Pada kegiatan tersebut, Presiden RI Joko Widodo diagendakan akan menghadiri‎ kegiatan tersebut. Joko Widodo nanti akan mengenakan busana daerah Jawa Barat.

Pihak pemerintah pusat mengutus Kepala Staf Kepresidenan, Teten Masduki‎ untuk menggelar rapat karnaval bersama Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Senin, 21 Agustus 2017. Kemudian mereka melakukan cek jalur ke lapangan mulai dari Gedung Sate.

Usai rapat, Teten mengatakan, pihaknya menunjuk Kota Bandung karena dinilai istimewa. Kota Bandung mewakili Jawa Barat yang memiliki banyak kelompok kreatif seni dan sebagainya. Karnaval tersebut skemanya tidak jauh dengan karnaval atau festival yang diselenggarakan pusat sebelumnya seperti di Danau Toba Festival, dan di Pontianak.

"Adapun pesan pada karnaval nanti yaitu keberagaman dan kerja bersama. Seperti pas 17 Agustus di istana, keberagaam dan kerja bersama. Indonesia ini punya potensi yang luar biasa. Indonesia, penggerak ekonomi di Asia, maka jangan sia-siakan potensi itu," ujar dia.

Gudang seniman

Di tempat yang sama, Heryawan menyatakan pihaknya siap menyukseskan kegiatan tersebut. Terlebih Jabar punya pengalaman menghelat kegiatan berlevel nasional tahun lalu yaitu penyelenggaraan PON XIX di Jabar.

"Pembukaan PON sukses dan yang jadi pelakunya seniman-seniman nasional Jabar, produk Jabar, dan akhirnya berhasil pembukaan yang meriah. Semangat sangkurian dan PON. Mudah-mudahan, ini jadi karnaval yang lebih meriah,"ucap dia.

Dia yakin karnaval bisa sukses karena Jabar gudangnya seniman. Terlebih nanti akan kembali dikonsep oleh Aat Suratin yang jga sukses menukangi pembukaan PON Jabar.

"Insyaallah konten lokal siap, Aat Suratin udah siap. Insyaallah dalam katagori PON sukses. Insyaallah tanpa mendahului takdir tuhan, karnaval kemerdekaan akan terselenggara dengan baik.‎ Mudah-mudahan jadi karnaval yang terbaik. Presiden hadir dan puas,"ucap dia.

Pesona Parahyangan

Sementara itu, Ridwan Kamil menuturkan, pihaknya mendukung kegiatan tersebut dengan tema Pesona Parahyangan.

"Kami akan pastikan warga Bandung meramaikan. Akan dilaksanakan dari pukul 08.00 sampai dzuhur, mohon warga Bandung menyesuaikan aktivitasnya,"kata dia.

Menurut Ridwan, pusat keramaian akan terjadi di Gedung Sate, Dago. Presiden pun akan berhenti di panggung Taman Vanda, sementara yang karnaval melanjutkan ke Alun-alun.

"Kami akan dukung all out, ini kehormatan Jabar dan Kota Bandung. kita akan pastikan lancar dan spektakuler dan pesannya bisa sampai ke masyarakat Indonesia," kata dia.‎***

Baca Juga

Anggota Pramuka Harus Kekinian

BANDUNG, (PR).- Anggota Pramuka lebih dituntut kekinian seiring dengan perkembangan zaman. Ketika perkembangan teknologi tidak bisa dibendung, anggota Pramuka pun harus bisa menguasai teknologi.

Pahlawan Kebersihan Kota Bandung Meriahkan Karnaval Kemerdekaan

BANDUNG, (PR).- Dipimpin oleh Sariban, Tokoh Pegiat Lingkungan Kota Bandung, puluhan Tim Gorong-gorong dan Kebersihan (GOBER) Kota Bandung turut meramaikan Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan di Kota Bandung, Sabtu 26 Agustus 2017.