Yossi Irianto Peringati Hari Donor Darah Sedunia

Peringatan Hari Donor Darah Sedunia/DOKUMENTASI HUMAS PEMKOT BANDUNG
GUBERNUR Jabar Ahmad Heryawan bersama Sekretaris Daerah Kota Bandung Yossi Irianto sedang menekan tombol bersama dalam peringati Hari Donor Darah Sedunia di Palang Merah Indonesia  Kota Bandung, Sabtu 19 Agustus 2017.*  

BANDUNG, (PR).-Sekretaris Daerah Kota Bandung Yossi Irianto merayakan Hari Donor Darah Sedunia bersama para pendonor darah di Palang Merah Indonesia  Kota Bandung, Sabtu 19 Agustus 2017.   Ia  melaksanakan hal itu, sekaligus mendampingi Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan saat membuka kegiatan Gerak Jalan Sehat di halaman Kantor PMI Kota Bandung.

Menurut Yossi Irianto, perayaan Hari Donor Danah Sedunia itu,  banyak diminati masyarakat. Tak kurang dari 5.000 orang ikut berpartisipasi dalam acara tersebut. Para pesertanya,  pendonor darah sukarela yang secara reguler mendonasikan darahnya untuk kemanusiaan.

"Acara ini sangat baik dan bermanfaat untuk kesehatan masyarakat. Apalagi kami memiliki target,  Kota Bandung tahun 2018 nanti menjadi kota sehat. ini harus diapresiasi oleh seluruh warga  Kota Bandung," ujarnya.

Yossi Irianto  mengatakan, kegiatan donor darah tersebut sebagai salah satu upaya untuk memberikan manfaat yang  besar bagi masyarakat di bidang kemanusiaan, khususnya di Kota Bandung. Dengan mendonorkan darahnya, selain menyehatkan tubuh si pendonornya,  juga ikut membantu sesama masyarakat yang membutuhkan darah untuk kesehatannya.

"Jadi dalam kegiatan ini,  warga  berkontribusi bagi dirinya dan lingkungannya. Dengan mendonorkan  darahnya, si pendonor juga menjadi sehat, apalagi jika dilakukan secara reguler," tutur Yossi Irianto.

Ia menjelaskan,  kebutuhan darah di Kota Bandung, setiap tahunnya  selalu meningkat.  Terlebih lagi, PMI Kota Bandung tidak hanya memenuhi kebutuhan darah di wilayah  Kota Bandung  saja, melainkan juga menjadi rujukan bagi kota/kabupaten lain di Jawa Barat.

Oleh karena itu, Yossi Irianto mengajak warga Bandung termasuk warga luar Kota Bandung yang tinggal di Bandung, agar secara rutin mendonorkan darahnya.  "Selain menyehatkan tubuh, dengan donor darah  berarti menolong sesama. Jadi, kami mengimbau kepada warga Bandung, hayu donor darah  (ayo donor darah)," ucap Yossi Irianto.

Manfaat donor darah

Manfaat donor darah, membantu memperlancar aliran darah hingga mencegah penyumbatan arteri. Satu penelitian menunjukkan, rajin mendonorkan darah mampu menurunkan risiko serangan jantung hingga 88%.

Selain itu juga, meningkatkan produksi sel darah merah. Ketika donor, sel darah merah akan berkurang. Sumsum tulang belakang pun segera memproduksi sel darah merah baru guna menggantikan yang hilang. Tubuh pun sudah dapat menggantikan sel-sel darah merah yang hilang ketika didonorkan dalam beberapa minggu. Rajin melakukan donor darah berarti membuat tubuh kita menstimulasi pembentukan darah baru yang segar. ***

 

 

 

 

 

Baca Juga

Perencanaan Bulan Dana PMI Kota Bandung Tahun 2017

BANDUNG, (PR).- Palang Merah Indonesia (PMI) saat ini bukan hanya menyediakan darah ataupun kegiatan donor darah, namun PMI saat ini berfungsi semakin luas yaitu membantu pemerintah Indonesia di bidang sosial kemanusiaan terutama yang masu

Warga Cibiru Salat Berjemaah di Lapangan Terbuka

SUBUH keliling menjadi program Pemerintah Kota Bandung yang kini rutin dijalankan Pimpinan Kota Bandung disetiap minggu, salah Satunya Sekretaris Daerah Kota Bandung Yossi Irianto yang sudah rutin menggelar Shalat Shubuh Keliling ke setiap daerah di Kota Bandung di Hari Minggu.

Kota Bandung Relatif Aman dari Difteri

BANDUNG, (PR).- Dinas Kesehatan Kota Bandung memastikan Kota Bandung relatif aman dari wabah difteri. Meskipun begitu, masyarakat tetap dihimbau untuk mewaspadai potensi adanya penyakit yang mudah menular tersebut.