Sesko TNI Perkuat Kerja Sama dengan Perpustakaan Nasional

Kerja Sama/JOKO PAMBUDI/PR
Sekolah Staf dan Komando (Sesko) TNI memperkuat kerja sama dengan Perpustakaan Nasional RI dalam bentuk nota kesepahaman (memorandum of understanding).*

BANDUNG, (PR).- Sekolah Staf dan Komando (Sesko) TNI memperkuat kerja sama dengan Perpustakaan Nasional RI dalam bentuk nota kesepahaman (memorandum of understanding). Naskah kesepahaman bersama tersebut akan menjadi payung hukum dalam kegiatan penyelenggaraan bersama secara operasional dan secara konsepsional sebagai bentuk realisasi tanggung jawab kedua instansi dalam upaya pemberdayaan sumber daya manusia.

"Hal ini tentunya memberikan manfaat bagi kedua pihak serta memiliki nilai strategis yang tinggi, yang bermuara pada pencapaian peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia di bidang pertahanan," ujar Komandan Sesko TNI Trusono, seusai penandatanganan nota kesepahaman di Gedung Grha Adibrata Sesko TNI, Kota Bandung, Senin 19 Juni 2017. Nota kesepahaman tersebut ditandatangani bersama dengan Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI) Muhammad Syarif Bando.

Acara penandatanganan ini disaksikan oleh para pejabat Sesko TNI, para pejabat Perpustakaan Nasional, dan Perwira Siswa (Pasis) Pendidikan Reguler (Dikreg) XLIV Sesko TNI berjumlah 144 orang, terdiri dari 60 orang dari Angkatan Darat, 39 orang dari Angkatan Laut, 35 orang dari Angkatan Udara, 5 orang dari Perwira Polri dan 5 orang dari Negara Sahabat.

Ruang lingkup penandatanganan Kesepahaman Bersama ini meliputi enam hal, yaitu pengembangan sumberdaya manusia bidang perpustakaan, sistem perpustakaan, pengorganisasian koleksi perpustakaan, pertukaran data katalog induk perpustakaan, pemanfaatan bersama sumber informasi dan koleksi perpustakaan, serta penghimpunan dan pelestarian karya cetak dan karya rekam (KCKR) dalam bidang pendidikan Sesko TNI.

Trusono mengatakan, sesuai dengan perkembangan global, ancaman bangsa kita bukan dari aspek militer tetapi dari semua aspek. "Melalui Perpustakaan Nasional dapat kita akses untuk dapat informasi dalam melaksanakan tugas-tugas ke depan di bidang pertahanan," katanya.

Sementara itu, Kepala Perpustakaan Nasional RI Muhammad Syarif Bando memberikan apresiasi tinggi kepada Sesko TNI yang berkeinginan besar untuk membina dan mengembangkan perpustakaan di lingkungan Sesko TNI secara struktur kelembagaan, sumber daya manusia, maupun sarana dan prasarana khususnya dalam bidang teknologi informasi.

"Dukungan secara administrasi maupun teknis dari kedua belah pihak yaitu Sesko TNI dan PNRI diyakini dapat memperlancar implementasi MoU ini, sehingga dapat mempercepat pengembangan perpustakaan sebagai tempat pembelajaran sepanjang hayat," katanya.***

Baca Juga