Ramadan Ceria Bersama Anak-anak Panti Asuhan

BARU kali ini Wijana merasakan wahana bermain di Trans Studio Mall, Jalan Gatot Subroto Bandung‎. Beberapa wahana yang dia ingat pun disebutkannya. Ada perahu air, perahu udara, naga terbang, dan berpetualang bersama si Bolang. Sejak pukul 10.00 laki-laki 12 tahun itu mencicipi mainan yang selama ini asing baginya.

"Selama ini mainnya ke Alun-alun Ujungberung. Jadi seneng tadi bisa main," ujar Wijana saat pembagian bingkisan Ramadan Ceria bersama Pikiran Rakyat di TSM Bandung, menjelang buka puasa, Senin 19 Juni 2017. Ramadan Ceria terwujud berkat kerja sama Trans Studio Bandung, BJB Syariah, Pocari Sweat, Uday Enterprise, dan Yayasan Pikiran Rakyat. 

Wijana adalah salah satu anak asuhan dari Yayasan Himmatun Ayat, Cileunyi, Kabupaten Bandung. Ada 100 anak yatim piatu yang turut serta. Dua panti asuhan lain adalah Al Amin Cimencrang dan Al Amin Embong. 

Keceriaan Wijaya barangkali membantunya melupakan sejenak kehidupan pribadinya yang tidak seberuntung anak lain. Dua tahun sudah dia bergabung di panti asuhan. Sang ibu, menjadi tenaga kerja wanita ke Arab Saudi. "Pernah ketemu ibu dua kali," kata dia yang telah ditinggal mati ayahnya.

Menerima santunan

‎Melengkapi keceriaan anak-anak yatim piatu, kemarin Pikiran Rakyat dan mitra memberikan bingkisan yang berisi sejumlah keperluan pribadi anak. Seperti handuk, sandal, mug, kaos, sampai syal. Mereka juga menerima santunan. "Saya sedang butuh handuk," ujar Wijana. 

Pengurus Panti Asuhan Al Amin Embong Kecamatan Sumur Bandung, Sutomo, menyampaikan kebahagiaannya. Sepanjang Ramadan, baru kali ini panti asuhannya menerima undangan acara bermain. 

"Dengan adanya kegiatan ini kami merasa bahagia dan senang. Mudah-mudahan sekecil apapun Allah swt memberi balasan. Semoga kegiatan seperti ini berlanjut dan istiqomah," kata dia.

Terlibat secara sosial

Ketua Pembina Yayasan Pikiran Rakyat, Syafik Umar, mengapresiasi sinergi Pikiran Rakyat dan para mitra yang terlibat. Seperti halnya setiap Ramadan sebelumnya, kegiatan berbagi diharapkan terus berlanjut pada Ramadan selanjutnya. 

"Bagus sekali kerja sama berjamaah seperti ini sehingga hal-hal positif bisa diselenggarakan," ujar dia. Tidak hanya anak yatim piatu dari Kota Bandung yang dilibatkan, mereka dari daerah Jawa Barat diharapkan bisa ikut berbahagia menikmati cerianya Ramadan. 

‎General Manajer Pikiran Rakyat, Agus Thanjung, pun menegaskan komitmen Pikiran Rakyat untuk terus terlibat secara sosial di tengah-tengah masyarakat Jawa Barat. Sebagai institusi bisnis, Pikiran Rakyat tidak bisa terlepas dari tanggung jawab sosial. 

"Jadi ini tidak semata-mata menghibur, tapi juga bagian dari tanggung jawab dalam konstalasi bernegara dan bermasyarakat. Terima kasih kepada Yayasan PR, vendor, maupun mitra yang mendukung," kata Thanjung.***

Baca Juga