HUT ke-10 Bandung Barat, PNS Belum Terima Gaji ke-14

HUT 10 tahun Kabupaten Bandung Barat/DEDEN IMAN/PR
PEGAWAI Negeri Sipil dan seluruh unsur terkait melakukan apel peringatan HUT 10 tahun Kabupaten Bandung Barat di Komplek Pemerintahan KBB, Desa Mekarsari, Kecamatan Ngamprah, Senin 19 Juni 2017. Memasuki usia satu dasawarsa, Kabupaten Bandung Barat masih terus berbenah untuk mengejar ketertinggalan.*

NGAMPRAH, (PR).- Tepat pada Hari Ulang Tahun atau HUT Bandung Barat, Senin, 19 Juni 2017, sejumlah pegawai negeri sipil atau PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bandung Barat belum menerima gaji ke-14 atau Tunjangan Hari Raya. Padahal, Badan Pengelolaan Keuangan Daerah telah menyalurkan uangnya ke satuan kerja perangkat daerah.

Sekretaris Daerah Bandung Barat Maman S Sunjaya menyebutkan, alokasi anggaran untuk gaji ke-13 ialah sekitar Rp 38,37 miliar, sedangkan gaji ke-14 berjumlah sekitar 31,9 miliar. Gaji ke-13 lebih besar karena termasuk tunjangan, sedangkan gaji ke-14 hanya gaji pokok.

"Gaji ke-14 sama dengan gaji pokok. Itu sebetulnya sudah diproses, tinggal menunggu pencairannya di masing-masing dinas. Jadi buat Idulfitri itu bisa," kata Maman, seusai Rapat Paripurna Istimewa DPRD KBB, dalam rangka Hari Jadi ke-10 Bandung Barat, di Ballroom Gedung SKPD, Ngamprah.

Menurut dia, persoalan gaji ke-14 bukan menjadi suatu masalah bagi Pemkab Bandung Barat, karena pembagiannya pun bukan baru kali ini. "Enggak ada masalah kalau buat gaji ke-14 itu, karena ini kan bukan hal yang baru bagi kami. Kami sudah terbiasa, karena tahun lalu juga kan begini. Kami sengaja terakhirkan (dekat Idulfitri), biar bisa termanfaatkan," katanya.

Gaji ke-13 setelah Idulfitri

Di tempat yang sama, Bupati Bandung Barat Abubakar menyebutkan, gaji ke-13 dan gaji ke-14 yang berasal dari APBN sudah diterima pemda sejak beberapa hari lalu. Khusus gaji ke-14, menurut dia, realisasinya ditargetkan sebelum Idulfitri. "Kebijakan dari APBN sudah dialokasikan untuk gaji ke-13 dan ke-14. Target realisasinya diusahakan sebelum Idul Fitri," ujarnya.

Dia menambahkan, gaji ke-13 pun akan direalisasikan setelah Idulfitri. Soalnya, gaji ke-13 itu ditujukan untuk membantu para orang tua untuk membiayai anak-anaknya sekolah. "Jadi sebetulnya bukan untuk Idul Ftri, tapi momentum untuk tahun ajaran baru. Diharapkan, kebijakan pemerintah ini bisa mendukung para orang tua dalam membantu anaknya melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lehih tinggi," ujarnya.

Momentum evaluasi

Terkait dengan hari ulang tahun Bandung Barat ke-10, Abubakar menyatakan, hari jadi dimanfaatkan sebagai momentum pemerintahan di Bandung Barat untuk melakukan evaluasi. Evaluasi ini baik oleh Pemkab Bandung Barat maupun DPRD Bandung Barat.

"Evaluasi ini bermuara ke sebuah perencanaan, yang telah diamanatkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah. Seperti yang sekarang kami lakukan di 2017 ini ialah melaksanakan RPJMD periode kedua, 2013-2018," katanya.***

You voted 'tidak peduli'.

Baca Juga

Berkah Ramadan, 59 Bidan PTT Terima SK CPNS dan Gaji ke-14

Bagaimana jika bidan PTT mendapat SK CPNS sekaligus dengan gaji ke-14? Gambarannya terlihat di lobi Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Barat di Ngamprah pada Rabu 21 Juni 2017 yang lebih ramai dibandingkan biasanya.

Satu Dekade, KBB Sudah Punya Pondasi yang Kokoh

NGAMPRAH, (PR).- Menginjak usia satu dekade tepat pada 19 Juni 2017, Pemerintah Kabupaten Bandung Barat ingin menjadikan momentum hari ulang tahun sebagai pendorong untuk bekerja dan berkarya dengan lebih baik.