Deddy Mizwar: Wirausaha Solusi Masa Depan

Deddy Mizwar/DOK HUMAS PEMPROV JABAR
Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar saat menjadi narasumber dalam acara Seminar Kewirausahaan SMK se-Kabupaten Karawang di Restoran Sindang Reret, Kabupaten Karawang, Minggu, 18 Juni 2017.*

KARAWANG, (PR).- Wirausaha memiliki potensi dan peluang yang besar untuk menjadi solusi masa depan bagi angkatan kerja di Indonesia. Hal ini berkaca dari angkatan kerja yang saat ini begitu tinggi, tidak hanya di Jawa Barat namun di Indonesia.

Hal tersebut diutarakan Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar saat menjadi narasumber dalam acara Seminar Kewirausahaan SMK se-Kabupaten Karawang di Restoran Sindang Reret, Kabupaten Karawang, Minggu, 18 Juni 2017.
 
“Seminar ini penting, bisa membuka cakrawala baru betapa besar peluang untuk jadi pengusaha. Khususnya buat kalangan anak muda. Karena salah satu solusi masa depan yang dimana angkatan kerja begitu tinggi di Jawa Barat maupun di Indonesia secara umum. Maka memperbanyak kewirausahaan atau pengusaha menjadi suatu keniscayaan,” ujarnya seusai acara.
 
Dia menuturkan, investasi yang ada saat ini baik dari dalam maupun luar negeri, belum mampu menyerap seluruh tenaga kerja yang ada di Indonesia. Untuk itu, dia berharap anak-anak muda Indonesia memiliki kesadaran menjadi seorang wirausahawan.
 
“Sehingga betul-betul bukan menjadi pencari kerja, tapi juga pemberi kerja bagi teman-teman yang lain. Saya kira inilah hal yang bisa dan sangat mudah untuk mengatasi bagaimana problem ketenagakerjaan yang semakin besar di masa depan,” tuturnya.
 

Adapun Pemerintah Provinsi Jawa Barat terus mendorong pengembangan wirausaha melalui berbagai program pelatihan dan pendidikan. Mulai 2013 lalu, Jawa Barat telah mencetak hingga 60 ribu wirausaha baru, dengan target akan ada 100 ribu wirausaha pada 2018.
 
Upaya lainnya yaitu mempermudah akses keuangan, seperti melalui kucuran Kredit Cinta Rakyat (KCR) sejak 2011 lalu. KCR sudah mengucurkan kredit hingga Rp 385 Miliar dengan nasabah 13.400 orang dan melibatkan lebih dari 30.000 pekerja dari usaha-usaha yang dirintis para nasabah.
 
Seminar Kewirausahaan SMK se-Kabupaten Karawang merupakan puncak kegiatan dari tujuh rangkaian kegiatan SMK Pasti Siap. Kegiatan ini digagas Yayasan Inspirasi Anak Bangsa dengan dukungan dari Sampoerna Untuk Indonesia. Ketujuh kegiatan tersebut diantaranya: pembentukan karakter, analisis potensi diri, pelatihan membuat CV, pembekalan menghadapi wawancara kerja, pembekalan psikotest, sharing kewirausahaan, dan kegiatan sosial.
 
Program SMK Pasti siap adalah program perdana Yayasan Inspirasi Anak Bangsa untuk menyeleksi para anggota yaitu para Siswa SMK Kelas 12. Tujuannya untuk menurunkan angka pengangguran terutama dari angkatan kerja lulusan SMK. Kegiatan ini digelar di Kabupaten Bogor dan Karawang dengan jumlah masing-masing peserta dari setiap kabupaten 150 orang peserta. ***

You voted 'tidak peduli'.

Baca Juga

Gubernur Aher: Zakat Kurangi Ketimpangan Sosial-Ekonomi

BANDUNG, (PR).- Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher), dan Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar, beserta para pejabat Eselon di Lingkup Pemerintah Provinsi Jawa Barat, bersama- sama menunaikan pembayaran zakat, kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jawa Barat, di Aula Timur Gedung Sate

Membangun Peradaban dari Masjid

SUMEDANG, (PR).- Selain menjadi poros aktivitas keagamaan, masjid juga menjadi salah satu tempat strategis dalam upaya pemberdayaan masyarakat. Masjid menjadi jantung umat yang juga menjadi pilar kebangkitan umat.