Residivis Pemilik 1 Kuintal Ganja Divonis Seumur Hidup

Ganja/BUDI SANTOSA

BANDUNG, (PR).- Diren Fauzi (20), residivis yang sedang menghuni Lapas Pondok Rajeg Cibinong Kabupaten Bogor divonis hukuman seumur hidup. Diren terbukti bersalah memiliki ganja seberat 1,75 kuintal.

Sedangkan dua orang rekannya yakni Imam Hasni dan M Ilham Ramadhan divonis masing-masing 20 tahun penjara. Vonis yang dibacakan hakim ketua Haran Tarigan tersebut dibacakan di Ruang Sidang Pengadilan Negeri Bandung, Selasa, 6 Juni 2017.

Hukuman untuk terdakwa Diren tidak dikorting, sesuai dengan tuntutan jaksa penuntut umum Deasi Susanty yakni seumur hidup. Sedangkan Imam dan Ilham mendapat korting dari sebelumnya dituntut hukuman seumur hidup menjadi 20 tahun.

"Mengadili, menyatakan terdakwa terbukti memiliki narkotika golongan satu jenis ganja. Menyatakan terdakwa bersalah melanggar pasal 114 ayat 2 jo pasal 132 ayat 1 Undang Undang No 35 tahun 2009 tentang narkotika. Menghukum terdakwa Diren dengan hukuman seumur hidup," ujar hakim ketua saat membacakan putusannya.

Kronologi penangkapan

Dalam uraiannya hakim menjelaskan, penangkapan kasus ganja itu berawal pada Jumat 15 Juli 2016 sekitar pukul 14.00 WIB, saat itu M. Iqbal Hidayat ngobrol dengan Diren di kamar 1.2 Lapas kelas II Pondok Rajeg Cibinong.

Dalam pertemuan tersebut, Iqbal menyuruh terdakwa menyiapkan orang untuk mengambil narkotika jenis ganja di Kantor Pos Jalan Pahlawan Cibinong Gunung Sindur. Atas permintaan itu Diren meminta biaya kepada Iqbal sebesar Rp 1,5 juta dengan alasan untuk biaya rental mobil.

Kemudian M. Iqbal menyanggupinya dan mentransfer ke rekening yang diminta Diren. Kemudian, terdakwa menghubungi Imam dan Ilham untuk mencarikan mobil lalu mengambil ganja di Kantor Pos.

Selanjutnya pada Jumat 23 September 2016 sekitar 14.30 WIB dengan menggunakan mobil Toyota Avanza warna biru B 1094 ZFV, narkoba jenis ganja itu dibawa.

Kemudian diperjalanan terdakwa berhenti di warung kopi di daerah terminal Bayangan Sawangan Permai, Sawangan Baru, Depok. Polisi yang sebelumnya telah mengetahui dan membuntuti pelaku lalu menangkap dan kemudian mobil digeladah. Ditemukan lima kardus besar dibungkus karung warna putih.

"Terdakwa Diren menyuruh Imam Hasni dan M Ilham Ramadhan untuk mengambil kiriman ganja sebanyak 201 bungkus yang dikemas dalam 5 kardus besar berat 175 kg. Dari itulah terdakwa sudah terbukti bersalah," ujarnya.

Atas vonis seumur hidup dan dua puluh tahun tersebut terdakwa memilih pikir-pikir.***

Baca Juga

Pemkot Bandung Sesalkan Oknum ASN Terlibat Narkoba

BANDUNG, (PR).- Penjabat Sementara Wali Kota Bandung Muhamad Solihin berterima kasih kepada polisi yang berhasil mengungkap keterlibatan oknum ASN dan tenaga honorer Pemerintah Kota Pemkot Bandung dalam kasus narkoba.

Imas Aryumningsih Diduga Terima Suap Lewat Teman SD-nya

BANDUNG, (PR).- Bupati Subang non aktif Imas Aryumningsih diduga mendapat aliran dana sebesar Rp 300 juta melalui Enen, teman SD nya. Uang tersebut diduga merupakan aliran dana dari pengurusan izin prinsip tanah.