Masjid Terbesar di Rest Area se-Indonesia Karya Ridwan Kamil

Peresmian Masjid As-Safar/HUMAS PEMKOT BANDUNG

REST Area 88 KM arah Jakarta yang terletak di kawasan Tol Cipularang kini punya kebanggaan baru. Pasalnya Rest area tersebut kini punya ikon berupa masjid karya desain Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dan merupakan masjid terbesar yang berlokasi di Rest Area di Indonesia.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil yang hadir pada peresmian Masjid Al-safar Tersebut mengaku bangga dirinya telah menyelesaikan proyek yang dicanangkannya  sejak tahun 2012.

"Kini mimpi saya terbangun, saya ketika lewat area ini selalu dihantui bangunan masjid yang belum selesai, alhamdulillah akhirnya bisa selesai tahun ini," tuturnya. 

Ridwan Kamil lebih lanjut menjelaskan desain futuristik yang diusung oleh masjid yang mempunyai kapasitas menampung 6000 jamaah tersebut  mengambil bentuk tema permata, benuk tersebut bertujuan untuk menarik perhatian. 

"Desain Bentuk Permata dimaksudkan agar dapat menarik perhatian orang untuk berkunjung ke masjid" tuturnya.

Ridwan Kamil tersebut kemudian mengajak warga dan pengendara yang melintas di kawasan tersebut untuk bisa memanfaatkan dan dimakmurkan. 

hal ini dijelaskan Wali Kota Bandung melalui akun Instagram pribadinya @ridwankamil. 

"Masjid Al-safar, Di Rest Area KM 88 arah jakarta sudah selesai dan bisa dimanfaatkan. silakan Dimakmurkan. Karya desain saya dan Firma @urbane.Indonesia tahun 2012 dan baru selesai sekarang semoga bermanfaat," tulisnya dilanjutkan lampiran foto-foto bangunan Masjid Al Safar.

Dalam postingan berikutnya, ia menjelaskan kenapa desainnya tidak menempatkan kubah di atas masjid. Seperti lazimnya banyak masjid berdiri di Indonesia atau Timur Tengah.

"Kata siapa masjid harus berkubah. Masjid demak, Masjid Agung Banten, masjid Salman dkk tidak berkubah. Kubah itu dulu utk kebutuhan akustik, jaman belum ada sound system dan listrik. Contoh di atas adalah gereja di moskow, kuil Pantheon dewa romawi dan Gereja Vatikan, juga BERKUBAH. Jadi kata siapa masjid harus berkubah? itu hanya kecocokan sosial. Hatur Nuhun," tegas Ridwan Kamil.***

 

A post shared by Ridwan Kamil (@ridwankamil) on

Baca Juga

Kota Bandung Siap Menuju Swasi Saba Wistara 2017

BANDUNG, (PR).- Pemerintah Kota Bandung menerima kunjungan Tim Verifikasi Penilaian Kota Sehat Tingkat Nasional  2017. Tim verifikasi diterima langsung oleh Wali Kota Bandung M. Ridwan Kamil di Balai Kota Bandung Jalan Wastukencana No.

Warga Wajib Awasi Layanan Publik

UNDANG-UNDANG No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik mengamanatkan, masyarakat memiliki peran sebagai pengawas eksternal pelayanan publik. Hal tersebut tertuang dalam pasal 35 ayat 3 peraturan tersebut.

Usia 207 Tahun, Kota Bandung Terus Berbenah

BANDUNG, (PR).- Menginjak usia ke-207 tahun, Kota Bandung semakin berbenah diri. Pelayanan publik terus ditingkatkan, fasilitas publik selalu dibuat nyaman, sehingga warga semakin betah dan bahagia tinggal di kota ini.

Empat Pilar Ketahanan Keluarga

WAKIL Wali Kota Bandung Oded M. Danial menyebut, terdapat empat pilar dalam peningkatan ketahanan keluarga.

Yossi Irianto Membuka Fun Bike Indomaret 2017

BANDUNG, (PR).- Fun bike merupakan kegiatan positif bagi masyarakat Kota Bandung, sehingga Pemerintah Kota Bandung sangat mendukung penuh acara tersebut.