Kemenag Imbau 12.000 Calon Haji Jabar Segera Lunasi BPIH

Ilustrasi/Getty Images

BANDUNG,(PR).- Kanwil Kemenag jabar mengimbau kepada jemaah calon haji (calhaj) agar mempercepat pelunasan biaya perjalanan ibadah haji (BPIH). Karena proses pengiriman paspor untuk visa haji akan dipercepat. Sedangkan jemaah calhaj plus atau khusus masa pelunasan tahap pertama akan berakhir pada Jumat 21 April 2017.

"Kami mengimbau agar jemaah calhaj segera melunasi BPIH di bank-bank penerima setoran. Kami akan segera memproses paspor untuk visa haji begitu jemaah melunasi biaya hajinya," kata Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Jabar, Ajam Mustajam, di ruang kerjanya, Jumat.

Menurut Ajam, pihaknya juga tak menginginkan kejadian musim haji tahun lalu terulang kembali dengan adanya jemaah yang tertunda keberangkatan akibat belum keluarnya visa haji. "Dengan percepatan proses paspor untuk visa haji sehingga menekan jemaah yang tertunda keberangkatannya. Diharapkan sebelum bulan Ramadan semua paspor jemaah sudah dikirim ke Jakarta untuk proses visa haji," katanya.

Rencananya pelunasan tahap satu akan berakhir pada 10 Mei mendatang. "Dari data Sistem komputerisasi haji terpadu (Siskohat) sampai Rabu sore sudah 26.409 orang yang melunasi biaya haji sehingga calhaj yang belum melunasinya sebanyak 12.267 orang," katanya.

Belum lunas juga

Di tingkat nasional pun banyak jemaah haji yang belum melunasi BPIH. Sampai dengan hari ke-8, tercatat 146.663 jemaah haji reguler sudah melakukan pelunasan BPIH. "Sudah 72.42% kuota jemaah haji reguler yang sudah terlunasi sampai dengan sore ini," kata Nafit.

Dia berharap jemaah yang belum melakukan pelunasan bisa segera melunasi BPIH nya. Pelunasan BPIH tahap pertama bagi jemaah haji regular akan berlangsung sampai dengan 5 Mei 2017 mendatang. Pelunasan dilakukan pada setiap hari kerja dengan waktu pembayaran untuk Indonesia Bagian Barat pukul 8.00-15.00, Indonesia Bagian Tengah pukul 9.00-16.00 WITA, dan Indonesia Bagian Timur pukul 10.00-17.00 WIT.

Jemaah diimbau untuk memanfaatkan sisa waktu pelunasan tahap 1 karena jika habis waktu pelunasannya, alokasinya sudah bukan lagi diberikan kepada mereka. Pelunasan tahap dua akan digunakan untuk jemaah gagal sistem, sudah haji, penggabungan mahram, dan lansia yang memenuhi syarat.

Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 75 Tahun 2017 mengatur bahwa kuota haji Indonesia berjumlah 221.000 yang terdiri dari kuota haji reguler (204.000) dan kuota haji khusus (17.000). Kuota reguler terbagi menjadi dua, yaitu 202.518 untuk jemaah haji dan 1.482 untuk petugas haji daerah.***

Baca Juga

Panwaslu Jamin Tes Panwascam Bebas 'Kongkalingkong'

SOREANG,(PR).- Panwaslu Kabupaten  Bandung melakukan tes tertulis untuk calon anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se-Kabupaten Bandung dan menjamin tidak ada 'main mata' antara komisioner dengan peserta.

103 Anak Jalanan Belum Dapatkan Imunisasi MR

SOREANG,(PR).- Palang Merah Indonesia (PMI) mengerahkan relawannya untuk mendorong ratusan anak jalanan di Kabupaten Bandung, untuk mendapatkan imunisasi Measles Rubella (MR).

Air Bersih Murah Meriah dari Bumdes Margabakti Persada

SOREANG, (PR).- Musim kemarau membuat warga masyarakat menjerit kekurangan air bersih. Bahkan, PDAM Tirta Raharja Kabupaten Bandung pun kesulitan mendapatkan air baku karena sungai-sungai berkurang drastis airnya.