Belum May Day Ratusan Buruh Turun ke Jalan, Ada Apa?

Aksi buruh/ECEP SUKIRMAN/PR
PESERTA aksi Gerakan Pungut Sampah dari Serikat Pekerja Tekstil Sandang dan Kulit- Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPTK-SPSI) Kabupaten Bandung, mengambil samapg-sampah yang berserakan di samping ruas Jalan Raya Mocg. Toha Kecamatan Dayeuhkolot Kabupaten Bandung, Jumat 21 April 2017.*

SOREANG, (PR).- Ratusan buruh yang berasal dari Serikat Pekerja Tekstil Sandang dan Kulit- Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPTK-SPSI) Kabupaten Bandung, turun ke jalan, Jumat 21 April 2017. Aksi ini dilakukan dalam rangka peringatan Hari Buruh Sedunia atau May Day setiap 1 Mei.

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bandung, unsur Muspika Kecamatan Dayeuhkolot pun tergabung dalam aksi itu. Rupanya mereka menggelar bersih-bersih sampah di sepanjang ruas Jalan M. Toha, Kecamatan Dayeuhkolot Kabupaten Bandung. Selain itu, kegiatan serupa pun digelar di aliran Sungai Cipalasari-Citepus yang merupakan anak Sungai Citarum. Kegiatan tersebut digelar dalam rangkaian

Diungkapkan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bandung Rukmana, kegiatan bakti sosial yang digelar itu merupakan inisiatif dari rekan-rekan buruh di Kabupaten Bandung dalam mengisi peringatan May Day. Tak hanya dilakukan SPSI, beberapa serikat pekerja lain di Kabupaten Bandung menggelar kegiatan serupa. Selain di wilayah Dayeuhkolot, kegiatan bersih-bersih sampah juga akan dilakukan di wilayah Banjaran dan Majalaya yang digelar pada Sabtu-Minggu 22-23 Maret 2017.

“Untuk kegiatan bersih-bersih sampah yang digelar SPSI Kabupaten Bandung, difokuskan di wilayah Cisirung, Citepus, Cangkuang Wetan, dan Dayeuhkolot. Nanti juga kami akan menggelar hal serupa di wilayah Banjaran dan Majalaya. Kegiatan ini sebagai upaya nyata dalam meminimalisir banjir yang diakibatkan adanya tumpukan sampah,” ucap Rukmana di lokasi.

Dalam kesempatan ituk, Rukmana mengatakan, adanya niat baik dari kalangan serikat pekerja ini tentunya disambut positif pihaknya. Hal itu selaras dengan program Pemerintah Kabupaten Bandung Bersih Sampah 2020 yang dicanangkan Bupati Bandung.

“Kegiatan seperti ini cukup positif, daripada kita berdemo saat peringatan May Day. Ini merupakan kegiatan pra-May Day. Iklim perburuhan di Kabupaten Bandung berbeda dengan daerah lainnya. Kita di sini (pemerintah dan serikat pekerja Kabupaten Bandung) kerap menggelar bakti sosial dalam memperingati hari buruh sedunia ini,” ucap dia.

Disinggung mengenai antisipasi terjadinya persoalan perburuhan di Kabupaten Bandung, Rukmana mejelaskan, selama ini pihaknya melakukan komunikasi dua arah antara pemerintah dengan serikat pekerja. Dengan demikian, kondisi perburuhan di Kabupaten Bandung pun dapat terjaga dengan baik. Selain itu, dalam komunikasi yang terjalin itu, pihaknya pun menampung segala aspirasi kaum pekerja sehingga hak-hak pekerja pun dapat terperhatikan.

“Jika ada suatu persoalan yang menyangkut buruh, kami langsung berdiskusi untuk memecahkan persoalan tersebut. Dengan demikian, iklim perburuhan di Kabupaten Bandung dapat terjaga dengan baik dan mampu meningkatkan nilai investasi di Kabupaten Bandung. Tentunya hal tersebut akan berdampak pada meningkatnya taraf kesejahteraan para buruh di Kabupaten Bandung,” kata dia.***

Baca Juga

Hujan Deras, Dinding Rumah di Ibun Jebol

SOREANG, (PR).- Dinding rumah milik Tini (18) di Kampung Pasir Rincang RT 2 RW 2, Desa Dukuh, Kecamatan Ibun, Kabupaten Bandung, jebol, Senin 9 Oktober 2017 malam.

Seorang Bocah Meninggal Tercebur ke Kolam Limbah Pabrik

SOREANG, (PR).- Warga di Kampung Ciharuman RW 11 Desa Jelegong Kecamatan Kutawaringin Kabupaten Bandung, Jumat, 13 Oktober 2017, sekitar pukul 7.00 dikejutkan dengan adanya bocah yang tercebur ke dalam kolam limbah washing sebuah pabrik.