Bus Akan Gantikan Angkutan Kota di Tiga Jalur

Beberapa sopir angkot di Bandung melakukan mogok, namun sebagian lainnya masih beroperasi, Kamis 2 Juni 2016.*

BANDUNG, (PR).- Pembelian angkutan kota oleh Pemerintah Kota Bandung rencananya akan dimulai pada semester pertama 2017. Tiga jalur angkutan kota akan diubah menjadi bus.

"Target tahun depan saya minta 2-3 jalur angkot diubah jadi jalur bus," ujar Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, beberapa waktu lalu.

Meski begitu, Pemerintah Kota Bandung belum memerinci anggaran yang akan digelontorkan termasuk jalur yang dimaksud. Konversi angkot menjadi bus akan menggunakan perbandingan 3:1. Pria yang akrab disapa Emil itu mengatakan pengelola bus adalah mantan pemilik angkot.

"Sopir dan kondekturnya pun mantan sopir dan kondektur angkot. Jadi tidak ada yang menganggur," ujar Emil.

Pemerintah Kota Bandung nantinya tidak akan mematok honor awak bus berdasarkan setoran. Mereka akan digaji.

Sementara terkait bus sekolah yang diprotes awak dan pengusaha angkot Bandung timur, menurut Emil, tetap beroperasi seperti biasa. Dalam pembahasan yang dilakukan Emil dan perwakilan pengelola angkot, disepakati jam operasional bus sekolah hanya pada jam-jam berangkat dan pulang sekolah.

"Sebenarnya memang selama ini kan bus sekolah operasionalnya tidak di luar jam sekolah. Silakan mereka mensurvei untuk memastikan," kata dia.***

Baca Juga

Kota Bandung Kembali Dianugerahi Smart City 2017

WAKlL Wali Kota Bandung Oded M.Danial mengatakan, penghargaan yang kembali diterima oleh Kota Bandung merupakan hasil dari kerja keras dan keuletan semua pihak baik Pemerintah Kota Bandung.

49 Kelompok di Kota Bandung Dapat Bantuan Modal Usaha

BANDUNG, (PR).- Pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat memberikan fasilitasi ekonomi melalui program dana bergulir kepada 49 kelurahan di Kota Bandung. Jumlah tersebut merupakan yang terbanyak di Jawa Barat.