Raihan Suara Abubakar-Ernawan Belum Terkejar

NGAMPRAH, (PRLM).- Jumlah suara sah yang masuk ke tabulasi perolehan suara Sekretariat KPU Kab. Bandung Barat sudah mencapai 611.285 (61,37%) suara dari total 996.128 pemilih dalam daftar pemilih tetap (DPT). Pasangan Abubakar-Ernawan Natasaputra masih unggul dengan raihan 324.681 (53,11%) suara. Sementara, pasangan Agus Yasmin-Haris Yuliana memperoleh 286.604 (46,89%) suara.

Keunggulan pasangan Abu-Erna juga ditunjukkan dalam penghitungan cepat di Desk Pilkada Kab. Bandung Barat. Sampai pukul 22.00 WIB, pasangan Abu-Erna meraih 346.744 (52,46%) suara, sedangkan Agus-Haris memperoleh 314.248 (47,54%) suara.

Ketua Pokja Penghitungan Suara KPU Kab. Bandung, Tatang Sudrajat, mengungkapkan, masih ada kemungkinan perubahan angka yang masuk ke tabulasi perolehan suara KPU. Hanya saja, suara sisa yang bakal masuk, dalam pandangan dia, tidak akan mengubah komposisi persentase perolehan suara. “Kisarannya masih berada pada 47% untuk pasangan nomor urut 1 dan 52% untuk pasangan nomor urut 2,” ungkapnya ketika dihubungi melalui telefon selulernya, Senin (9/6) malam.

Menurut Ajat, demikian ia akrab disapa, proses penghitungan suara di panitia pemilihan kecamatan (PPK) hampir rampung. Hingga Senin (9/6) petang, kata dia, sebanyak 12 PPK --dari 15 PPK yang ada-- sudah menggelar rapat pleno penetapan perolehan suara Pilbup Bandung Barat. “Tiga PPK lagi, yakni Cisarua, Cipongkor, dan Rongga, insyaallah, akan menggelar rapat pleno besok (hari ini, red.-). Mudah-mudahan, KPU sudah bisa menggelar rapat pleno penetapan sesuai jadwal, yakni tanggal 12 atau 13 Juni 2008 mendatang,” katanya.

Penghitungan suara yang dilakukan Sekretariat Bersama (Sekber) Ahlina (Agus Yasmin-Haris Yuliana) atau pun DPD PKS Kab. Bandung Barat dihentikan.  Hal itu terjadi setelah kedua tim tersebut mengetahui raihan suara sementara pasangan Abubakar-Ernawan Natasaputra (SAE) unggul dibandingkan Ahlina. Hal itu dibenarkan Ketua Tim Perumus Ahlina, Gunawan Rasyid, ketika ditemui ”PR” di Sekber Ahlina, di Kompleks Kota Baru Parahyangan Desa Kertajaya Kec. Padalarang Kab. Bandung Barat, Senin (9/6).

”Kita akui, dari penghitungan sementara, suara SAE unggul beberapa persen daripada Ahlina. Tapi, kita minta, meski KPU katanya sudah mempunyai kesimpulan, mereka tidak langsung mengumumkan pemenangnya. Apalagi, kalau data yang mereka punya itu sebatas via telefon,” ujarnya.

Ditemui secara terpisah, calon Bupati Bandung Barat, Abubakar mengatakan, pasangan Abu-Erna akan menyusun langkah-langkah untuk menghadapi gugatan dari kubu Ahlina. “Tentu saja, itu menjadi ranah tim advokasi. Kami sudah siapkan itu,” ucapnya dalam jumpa pers di kediamannya, Jln. Grand Hotel Desa/Kec. Lembang Kab. Bandung Barat, Senin (9/6).

Abu memahami, proses Pilbup Bandung Barat adalah sebuah permainan yang, di dalamnya, bakal ada perasaan puas dan tidak puas. “Untuk itu, sebenarnya, kami sudah berkomitmen di hadapan KPU, DPRD, serta seluruh masyarakat Kab. Bandung Barat untuk siap menang dan siap kalah. Kalau berpegang kepada komitmen itu, semuanya sudah selesai,” katanya. (A-125/A-136) ***

Baca Juga