KETUSAN Gunung Tambora kekuatannya 7 dari 8 Volcanic Explosivity Index (VEI), setara dengan 171.000 kali bom atom Hirosima–Nagasaki, atau 4 kali lebih besar dari letusan Gunung Krakatau 1883. Ledakannya terdengar seperti suara meriam sampai di Padang, Sumatra Barat, terdengar jelas di Pulau Bangka, dan gempa buminya terasa di Surabaya.

Perjuangan petani adalah “gerakan moral”. Cita-cita perjuangannya pun bukan hal yang aneh-aneh.   Yang mereka inginkan adalah sesuatu yang wajar-wajar saja. Petani tentu akan menuntut jika ada kebijakan yang tidak seirama dengan kondisi yang sedang mereka hadapi. Mereka akan berbondong-bondong datang ke Istana Negara kalau ternyata ditemukan ada sebuah peraturan perundangan yang dirasa kurang sejalan dengan aspirasinya. Mereka akan nongkrong di DPR bila terasa ada penyumbatan aspirasi. Dan pasti mereka akan menyemen kakinya sendiri manakala di sekitar sawah ladangnya bakal dibangun pabrik semen.

Surat Pembaca

  • Kecewa dengan Pengelola Bukit Senyum

    TERTARIK membaca informasi tentang Bukit Senyum di Burangrang Selatan yang baru dibuka oleh Perhutani Jawa Barat di Pikiran Rakyat, 19 April 2017, saya dan keluarga mencoba me­ngunjungi lokasi t

Kolom

PR Info

  • Teknik Menulis Dakwah

    teknis menulis dakwah

    PERKEMBANGAN teknologi komunikasi dan informasi dewasa ini telah jauh berkembang dan semakin beragam.

Epaper Pikiran Rakyat