SELAMA tiga hari, dari 19 hingga 21 April lalu, saya ikut dalam festival seni bela diri di Purwakarta. Selain dari Indonesia, peserta festival datang dari beberapa negara Asia lainnya, juga dari Amerika dan Eropa.

Festival kali ini adalah forum kedua. Buat saya sendiri, sebagai pemula di dunia penca, inilah kali pertama saya mendapat kesempatan bersilaturahmi dengan para maestro seni bela diri, khususnya penca.

Oleh karena Pilkada merupakan pertarungan figur, maka perkembangan tingkat popularitas dan elektabilitas figur yang akan diusung sangat menentukan arah pembentukan koalisi. Keputusan untuk membangun poros koalisi dengan demikian akan lebih ditentukan oleh pilihan-pilihan pragmatis tentang probabilitas kemenangan figur yang diusung, dibandingkan dengan irisan ideologis antar partai atau kesepakatan tentang visi, misi dan program yang ditawarkan kepada pemilih. Kesepakatan untuk mendudukkan calon yang diusung – terkait siapa yang akan diusung sebagai calon gubernur dan siapa yang menjadi calon wakil gubernur – juga akan menentukan bangunan poros koalisi. Peluang munculnya figur-figur alternatif pada saat-saat terakhir - sebagaimana yang terjadi dalam Pilgub DKI - akan menentukan pula jumlah serta komposisi final poros koalisi yang terbentuk pada Pilgub Jabar 2018.

Surat Pembaca

  • Pungli di TPU Kota Bandung

    SUDAH jatuh tertimpa tangga adalah peribahasa yang tepat menggambarkan apa yang kami alami dalam mengurus makam di Kota Bandung.

Kolom

PR Info

  • Teknik Menulis Dakwah

    teknis menulis dakwah

    PERKEMBANGAN teknologi komunikasi dan informasi dewasa ini telah jauh berkembang dan semakin beragam.

Epaper Pikiran Rakyat