• Kisah Hidup Habibie Kembali Difilmkan

    JAKARTA, (PR).- Sutradara Hanung Bramantyo kembali diperacaya untuk membuat film “Rudy Habibie “ produksi MD Pictures yang sebelumnya sukses membuat film Habibie dan Ainun. Untuk film kali ini, proses syuting lebih banyak dilakukan di Jerman.

  • Jumlah Peserta Mudik Gratis Sido Muncul Berkurang

    YOGYAKARTA,(PR).- Peserta mudik gratis keluarga besar bakul jamu pada mudik Lebaran tahun ini menurun jumlahnya dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

  • PT BRIL Keberatan dengan Putusan KPPU

    BANDUNG, (PR).- PT Bandung Raya Indah Lestari (BRIL) mengaku keberatan atas putusan hakim sidang Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) yang menyatakan pengadaan PLTSa batal demi hukum.

  • Calon Siswa dengan Sertifikat Palsu Dianulir

    BANDUNG, (PR).- Dinas Pendidikan Kota Bandung mengambil sikap tegas dengan menganulir calon siswa dengan sertifikat prestasi olahraga palsu dalam penerimaan peserta didik baru jalur nonakademik. Namun, Disdik masih membuka ruang aduan terkait sertifikat palsu tersebut.

  • Warga Talegong Kesulitan Air Bersih

    GARUT, (PR).- Ribuan warga Desa Mekarmukti Kecamatan Talegong Kabupaten Garut mengeluhkan kesulitan mengakses air bersih memasuki kemarau. Akibat kekurangan air bersih, warga setempat perilaku buang air besar dan kecil kurang diperhatikan.

KEKUATAN media sosial, membuat Ujunggenteng di Sukabumi Selatan terpromosikan dengan pesat, menembus sekat-sekat status sosial dan jabatan. Informasi berwisata secara rinci langsung berada di genggaman, melebihi kemampuan otoritas negara menatanya. Setiap akhir pekan dan hari libur, Ujunggenteng menjadi tujuan wisata yang populer. Dari Bandung, tujuan wisata pantai ini jaraknya sekitar 230 kilometer, dapat ditempuh selama 5-6 jam perjalanan.

Ditilik dari berbagai pengalaman penulis di lapangan, sesungguhnya upaya mitigasi tradisional dalam menghadapi tanah longsor ala urang Baduy, dapat dijumpai pula pada berbagai penduduk lokal lainnya  di Tatar Sunda dengan berbagai variasinya, sesuai dengan kondisi lingkungan lokalnya. Oleh karena itu, seyogianya berbagai pengetahuan dan tata cara upaya mitigasi mandiri yang telah diwariskan secara turun temurun oleh berbagai kelompok masyarakat lokal tersebut dapat lebih diaktifkan dan diintegrasikan dengan cara upaya formal pemerintah dalam melakukan mitigasi bencana di tanah air kita

Blog

  • Eksmud dan Bang Kesmod

    SEBUT saja namanya Bang Kesmod. Malam-malam ia mengantarkan seorang karyawan yang terlihat seperti eksmud (eksekutif muda) dari kantornya yang berada dibilangan Jakarta Pusat menuju rumah si Eksmud yang berada di Jakarta Selatan. Usai menunaikan tugasnya, si Eksmud menyerahkan tiga lembar uang sepuluh ribu Rupiah kepada Bang Kesmod.

Surat Pembaca

  • Kapan Jalan Pasir Wangi Terang?

    SAYA sebagai pengguna Jalan Pasir Wangi Garut mengeluhkan tidak adanya fasilitas lampu penerangan di sepanjang jalan tersebut, khususnya di Kampung Toblong, Kecamatan Pasir Wangi. Lokasinya sebelum tempat wisata pemandian air panas.

Kolom

PR Info

Berita BCA

Epaper Pikiran Rakyat